Featured Video

Sabtu, 04 Juni 2016

Polisi Kerahkan 270 Personil Amankan Tradisi Balimau

Tradisi Balimau

Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) mengerahkan sebanyak 270 personilnya untuk melakukan pengamanan tradisi Balimau (mandi rempah pewangi) yang dilakukan sehari sebelum masuk Ramadhan 1437 H.

"Personil tersebut kami kerahkan ke sejumlah lokasi pemadian atau sungai yang biasa digunakan warga sebagai tempat Balimau di kabupaten ini," kata Kepala Polres Pesisir Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Deni Yuhasdi di Painan, Sabtu (4/6).
Personil tersebut terdiri dari anggota kepolisian yang bertugas di Markas Polres setempat dan seluruh Kepolisian Sektor (Polsek) di jajarannya diberbagai satuan. "Kami akan kerahkan sebagian besar anggota polsek di seluruh wilayah kabupaten ini. Jumlah personil yang ditempatkan akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan dan kebutuhan di masing-masing tempat Balimau," katanya.
Khusus dari Satuan Intel, polres menyebarkan personilnya ke seluruh daerah yang dianggap paling rawan terjadinya gangguan keamanan baik yang datang dari dalam maupun luar daerah. Ini tujuannya, agar berbagai gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di tempat-tempat Balimau yang ada di wilayah itu dapat diantisipasi sejak dini.
Dalam bertugas di lapangan, polres tetap bekerjasama dengan semua elemen masyarakat dan pemerintah kabupaten setempat dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Hubkominfo), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan TNI.