Featured Video

Jumat, 15 Juli 2011

Peranan Ninik Mamak Menentukan

PENILAIAN NAGARI BERPRESTASI
Agam, Singgalang
Peranan ninik mamak bersama lembaga yang ada di Nagari Simarasok Kecamatan Baso Kab. Agam cukup menentukan untuk mencapai keberhasilan dalam lomba nagari berprestasi tingkat nasional tahun 2011 ini.
Simarasok salah satu dari 82 nagari di Kabupaten Agam adalah nagari terhebat di bawah kepemimpinan Walinagari Muslim Dt Payuang Diaceh. 
Berbagai gebrakan pembangunan yang ia cetuskan dituangkan melalui Peraturan Nagari (Perna) mendapat sambutan positif dari masyarakat, baik peningkatan ekonomi di sektor pertanian, peternakan dan usaha home industri melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) sekarang tumbuh dan berkembang 14 kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Simarasok.
Demikian Bupati Agam H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah menjelaskan di hadapan tim penilai lomba nagari berprestasi tingkat Nasional, Rabu (13/7). Nagari Simarasok ditetapakan mewakili Sumbar setelah keluar sebagai Nagari Berprestasi tingkat Sumbar hasil penilaian awal Juni lalu.
Keberhasilan Nagari Simarasok adalah keberhasilan ninik mamak bersama masyarakat. Melalui kebersamaan bak pepatah Minang, saayun salangkah, ka bukik samo mandaki, ka lurah samo manurun. Artinya untuk mencapai keberhasilan itu, basamo mangko manjadi.
Disektor pertanian, jelas Indra Catri, Kelompok Tani Lurah Sepakat Koto Tuo cukup berhasil adanya kerjasama dengan Unand Padang dan pembinaan secara terpadu melalui dinas terkait. Sekarang kelompok tani itu telah berhasil memproduksi bio gas untuk sebagai sarana penerangan dan memasak.
Kemudian di sektor pendidikan, Simarasok juga mengalami peningkatan, diantaranya pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pelita Hati yang dikelola kader PKK bersama bundo kanduang.
Kebersamaan masyarakat dalam menggali berbagai potensi patut mendapat acungan jempol, apalagi walinagari Simarasok mempunyai staf ahli 4 orang, diantaranya dibidang teknologi pertanian, DR Eri Gas Eka Putra, bidang perencanaan Ir Rudy Ferial, bidang Infrastruktur jaringan sistem informasi Ir. Masril Syukur dan Ir. Taufik anak nagari Simarasok.
Muslim Dt Payuang dalam ekspos singkatnya menjelaskan, selaku Walinagari ia melaksanakan tugas tetap merujuk kepada Peraturan Nagari (Perna).
Lahirnya Perna tersebut, beranjak dari visi dan misi walinagari. Tentunya keberadaan 4 orang staf ahli walinagari itu sangat membantu kelancaran roda pemerintahan nagari sesuai keahlian masing- masing.
Tim penilai lomba nagari berprestasi tingkat nasional itu diketuai Imran, M.Si, MA, beranggotakan 3 orang. Selama melakukan penilaian tim didampingi Bupati Indra Catri dan Zulkirwan Can bersama rombongan dari Provinsi Sumatra Barat.
Selesai ekspose walinagari Simarasok, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN) Afriedi Dt Lubuak dan Ketua TP PKK Simarasok Ny. Roswati Muslim dilanjutkan wawancara dengan anggota tim penilai. Dari berbagai pertanyaan yang diajukan anggota tim penilai tersebut, dapat dijawab dengan baik. (409)