Featured Video

Sabtu, 25 Januari 2014

Barcelona Akhirnya Blak-blakan Soal Transfer Neymar


Pemain Barcelona, Neymar (kiri) (REUTERS/Albert Gea)
Presiden baru Barcelona, Josep Maria Bartomeu, akhirnya mengungkapkan data lengkap menyangkut kontroversi transfer Neymar. Menurutnya, €40 juta yang dipertanyakan diberikan pada ayah dan ibu sang pemain.


Manajemen Barcelona tengah diguncang masalah pada pertengahan pekan ini. Presiden Sandro Rosell mundur dari posisinya hari Kamis silam setelah pengadilan tinggi Spanyol melakukan investigasi terkait transfer Neymar.

Tidak jelasnya gelontoran €40 juta dipertanyakan oleh salah satu socio (anggota klub) Barcelona, Jordi Cases. Menurutnya, dana ini diselewengkan oleh Rosell. Sang presiden akhirnya lengser dan digantikan Bartomeu.

Tapi masalah tidak berhenti sampai di situ. Menurut pengacara Cases, Felipe Izquierdo, kasus ini bisa ikut menyeret Bartomeu dan wakil presiden ekonomiBarcelona, Javier Faus.

Tak ingin berlarut-larut, Bartomeu pun bicara pada hari Jumat untuk memperlihatkan sejumlah dokumen menyangkut transfer Neymar menuju Camp Nou.

"Satu hal yang ingin saya jelaskan, transfer Neymar menghabiskan dana €57,1 juta," ujar Bartomeu saat pertemuan pertamanya dengan media, seperti dilansir AS.

Dengan menyebut angka tersebut, Barcelona tetap bertahan dengan angka yang mereka sebut sejak awal. Namun, kini terungkap bahwa Blaugrana menginvestasikan dana sebesar €86,2 untuk Neymar, belum termasuk gaji.

Dana €86,2 dipecah untuk kepentingan sebagai berikut: €57,1 juta untuk proses transfer (dimana €40 juta untuk orangtua sang pemain), €10 juta untuk signing-on fee, €2,7 untuk komisi, €4 juta untuk marketing, €2,5 juta untuk Neymar Foundation, lalu €9,9 juta mengalir untuk pencari bakat dan kesepakatan kerja sama dengan Santos.

"Saya meyakinkan kalau kami tidak berbohong. Kami selalu bertanggung jawab dengan kontrak-kontrak kami. Kolega saya sudah sangat berpengalaman dengan hal ini," lanjut presiden anyar tersebut.

Bartomeu pun mengungkapkan alasan mengapa bukan Rosell yang membeberkan kejelasan transfer itu. Menurutnya, mereka terikat kesepakatan untuk menjaga rahasia dan baru bisa memberitahukan informasi itu sekarang.

"Terima kasih pada ayah Neymar yang sudah hubungi kami pagi tadi, sehingga bisa mengungkapkan angka ini. Ia menelepon kami dan memperbolehkan kami mengungkapkan informasi ini karena menurutnya situasi Barca saat ini sangat tidak adil," lanjut Bartomeu.

Barcelona juga mengungkapkan kalau Neymar akan mendapatkan €44 juta dari sisi gaji selama lima tahun. Dia juga akan mendapatkan bonus €2 juta jika bisa masuk tiga besar calon peraih Ballon d'Or, tapi sampai saat ini belum ada bonus tambahan jika sukses bawa Barca jadi juara.
s 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar