Featured Video

Minggu, 19 Januari 2014

Telpon Cerdas untuk Kalangan Menengah


Telepon seluler cerdas papan atas dengan spesifikasi tinggi kian banyak jumlahnya. Meski begitu, ceruk pasar untuk ponsel Android kompak masih tetap terbuka lebar.  Sony mencoba mengisi pasar itu dengan meluncurkan Xperia M, ponsel kompak, powerful, dan memiliki tampilan yang cukup enak dipandang.


Dalam sepekan terakhir Tempo mencoba ponsel dengan layar 4 inci seharga Rp 2,5 juta ini. Ada dua tipe Xperia M; dengan satu dan dua kartu SIM. Yang Tempo coba adalah yang satu kartu SIM.


Dari spesifikasinya, Xperia M adalah ponsel kategori menengah. Meski harganya relatif terjangkau, Sony tak mengorbankan kualitas, terutama untuk kamera dan layar. 

DESAIN

Tak seperti ponsel Sony Xperia kelas atas, Z dan Z1, bodi Xperia M tak dilapisi kaca melainkan plastik. Tampilannya lebih menyerupai Xperia L tanpa desain melengkung di bagian belakang.

Jangan pernah menyemplungkan Xperia M ke dalam air karena ponsel ini sama sekali tak dirancang untuk tahan. Sedangkan prinsip OmniBalance tetap dihadirkan untuk menjaga keseimbangan ponsel.

Dengan layar 4 inci dan tinggi 124 milimeter, memegang Xperia M serasa menggenggam iPhone 5S. Tebalnya 9,3 milimeter dengan berat 115 gram, 3 gram lebih berat dari iPhone 5S.

LAYAR
Dengan resolusi layar 854 x 480 piksel jenis TFT, kualitas layar Xperia M bisa dibilang setara dengan Samsung Galaxy S2, yang sudah berumur dua tahun.

Tak ada teknologi Trilluminos atau X-Reality Bravia khas Sony yang ditanamankan pada ponsel ini. Meski begitu, untuk membaca laman situs Internet atau e-mail, terlihat jernih dan terang.

Untuk tingkat kecerahan dan rentang warna, layar Xperia M sudah lebih dari bagus untuk ponsel Android kelas menengah. Hanya, ketajaman layar tergolong biasa saja.

KINERJA
Berjalan dengan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean, kinerja Sony Xperia hampir sama dengan kebanyakan ponsel Android lainnya.

Prosesor yang dibenamkan adalah Qualcomm Snapdragon S4 Plus MSM8227 dual-core 1 GHz yang dipadukan dengan total RAM 1 gigabita dan memori internal 4 gigabita.

Dalam uji kinerja menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, Xperia M mencatat skor 11.826, yang menempatkan ponsel ini berada di tengah-tengah ponsel cerdas kelas menengah.


KONKLUSI
Sony Xperia M adalah ponsel dengan tampilan menawan dan kinerja yang bisa diandalkan. Layar yang jernih dan ukurannya yang kompak serta harga jual Rp 2,5 juta membuat ponsel ini layak dimiliki untuk Anda yang ingin mengenal ponsel Android lebih jauh.


SPESIFIKASI
Sistem operasi: Android 4.1.2 Jelly Bean
Prosesor: Qualcomm Snapdragon S4 Plus MSM8227, dual-core 1 GHz, Krait
GPU: Adreno 305
Total RAM: 1 GB
Memori internal: 4 GB (micro SD)
Layar: 4 inci multi-sentuh TFT, 854 x 480 piksel (240 ppi), 16 juta warna
Kamera: 5 MP (utama), 0,3 MP (depan)
Dimensi: 124 x 62 x 9,3 mm
Berat: 115 g
Harga: Rp 2,5 juta
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar