Featured Video

Sabtu, 09 Mei 2015

Ajaib! Pulau Ini Hanya Muncul di Musim Semi

Ajaib! Pulau Ini Hanya Muncul di Musim Semi
Pulau kura-kura di Cina
Setiap tahun dengan datangnya musim semi, ribuan wisatawan Cina berduyun-duyun ke The Gorges Reservoir untuk melihat munculnya pulau berbentuk kura-kura yang masih misteri di perairan Sungai Muodaoxi. 


Acara ini dijuluki dengan musim semi kura-kura naik dari air, dan dirayakan oleh warga setempat karena kura-kura dianggap menguntungkan dan tanda umur panjang.

Kedengarannya seperti fenomena alam yang menarik mirip dengan keajaiban Jindo Moses yang terjadi di Korea Selatan, namun dalam kasus pulau kura-kura ajaib adalah buatan manusia. Tingkat air Sungai Muodaoxi dikendalikan oleh Three Gorges Dam. Pada musim semi, reservoir memasok air ke daerah hilir, dan menurunkan tingkat air, sehingga memunculkan pulau tersebut.

Munculnya pulau tergantung pada jumlah air banjir yang menuju hilir. Selama sembilan bulan pulau tersebut sepenuhnya terendam atau hanya terlihat ujungnya saja. Bentuk kura-kura sepenuhnya terlihat ketika tingkat air antara 163 dan 168 meter. Jika air jatuh ke sekitar 145 meter, batu menjadi terhubung ke daratan, hal itu membuat pulau kehilangan bentuknya yang unik.

Fenomena unik telah mendapatkan popularitas yang luas biasa dalam beberapa tahun terakhir. Setelah pulau kura-kura muncul, berita menyebar dengan cepat, dan ribuan wisatawan berbondong-bondong untuk mengambil foto dari bukit-bukit di dekatnya.

"Tempat ini menajdi populer sepanjang musim semi, kami hanya berkata kura-kura telah datang, " kata Meng Liu, warga setempat yang dilansir dari Odditycentral, Sabtu (9/5).r