Featured Video

Rabu, 13 Januari 2016

Menanti Dukungan Presiden Jokowi Soal MotoGP Indonesia



Desember 2015, draft Keputusan Presiden (Keppres) MotoGP Indonesia sudah selesai disusun oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) beserta kementerian terkait lainnya. Saat itupula dikirimkan ke Sekretariat Negara (Setneg) untuk segera ditindaklanjuti Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).


Sampai saat ini, Keppres tersebut belum ditandatangani, padahal targetnya harus selesai sebelum 30 Januari 2016. Lantas kapan KeppresMotoGP Indonesia 2017 dikeluarkan?

Menpora Imam Nahrawi menjelaskan, pihaknya beserta kementerian terkait lainnya masih menunggu masterplan MotoGP dan Sirkuit International Sentul. Sebab, pola induk perencanaan MotoGP itu sangat ketergantungan dengan keputusan Keppres.

“Kita masih menunggu semuanya. Di rapat koordinasi (rakor) antar kementerian juga tadi dibahas dan semuanya mendukung,” ujar Imam usai mengikuti rakor di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta Pusat, Senin (11/1/2016).




Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani ikut angkat bicara. Menurutnya, Menpora sudah melaporkan semua rencana MotoGP 2017 Indonesia dalam rakor tersebut dan semua kementerian terkait sangat mendukung Indonesia bisa menjadi tuan rumah MotoGP 2017.

“Kita tadi juga membahas MotoGP 2017 di Indonesia. Semoga sebelum 30 Januari kita sudah bisa memutuskan apakah Indonesia siap menggelar MotoGP 2017,” ujar Puan.

Sementara itu, Direktur Sirkuit International Sentul Tinton Soeprapto menambahkan, semua hal yang menyangkut MotoGP 2017 sudah semakin mengerucut dan semua kementerian terkait menunjukan keseriusan dan dukungannya.

“Sekarang kita harapkan Keppres sudah selesai dalam waktu dekat ini. Tadi kata ibu (Puan Maharani) Keppres bisa dikebut dalam dua hari juga bisa selesai,” kata Tinton di tempat yang sama.


Rapat Koordinasi (Rakor) Asian Games 2016 dan MotoGP 2017 di Indonesia.

Mulai Renovasi

Tak hanya itu, Tinton juga menuturkan kalau Sirkuit Sentul sudah mulai direnovasi, tetapi masih dalam tahap merapihkan lahan. “Seperti pohon-pohon disekitarnya sudah mulai ditebang, kita lakukan secara bertahan sambil menunggu Keppres MotoGP Indonesia dikeluarkan, ucap Tinton.k