Featured Video

Rabu, 13 April 2016

Ilmuwan Cina Manfaatkan Air Hujan untuk Menghasilkan Energi Panel Surya

Panel Surya (ilustrasi)

Air hujan biasanya selalu dianggap menjadi mimpi terburuk dan kurang menghasilkan energi maksimal pada panel surya. Namun anggapan ini dinilai bisa tergeserkan setelah ilmuwan Cina menemukan penemuan yang luar biasa.


Seperti dikutip engadget, Selasa (12/4), para ilmuwan Cina telah berhasil mengembangkan sel surya dengan lapisan grafena yang bisa memanen energi dari air hujan. Dengan demikian bisa digunakan dalam cuaca gelap dan sangat mendung sekali pun. 

Air hujan akan menempel pada grafena yang kemudian dapat menhasilkan semacam kapasitor alami. Dengan kata lain, perbedaaan tajam energi antara elektron grafena dan ion air dapat memproduksi listrik.
 
Panel surya dengan teknologi tersebut nantinya dapat mengkonversi sekitar 6,5 persen dari energi yang diterimanya. Hal ini berarti 22 persen lebih baik dibandingkan panel surya terbaik di dunia selama ini. 

Jika penemu dapat meningkatkan kinerja sel grafena, mereka tentu bisa memiliki solusi impian di tangan mereka. Dengan kata lain,  masyarakat dunia nantinya mampu mengurangi ketergantungan pada listrik konvensional.