Featured Video

Senin, 04 April 2016

Marquez Juara, Rossi Runner-up, Lorenzo Terjatuh




RiderRepsol Honda Marc Marquez tampil sebagai pemenang di MotoGP Argentina diikuti pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi. Sementara Jorge Lorenzo terjatuh.

Dalam balapan di Autodromo Termas de Rio Hondo, Senin (4/4/2016) dinihari WIB, balapan mengalami penyesuaian menyusul insiden pecah ban yang dialami Scott Redding di sesi latihan bebas keempat kemarin. Sempat dikhawatirkan akan diganggu hujan, balapan akhirnya diputuskan berlangsung kering meski sejumlah bagian lintasan masih terlihat basah.

Ban hard dan medium pada akhirnya diperbolehkan dipakai. Namun Race Direction memotong balapan menjadi 20 putaran dari awalnya 25 lap. Selain itu, pebalap juga wajib mengganti motor di lap ke-9, 10, atau 11.

Selepas start, persaingan di depan sempat ketat dengan sejumlah pebalap berkerumun. Rossi, Andrea Dovizioso, dan Marquez sempat terlibat pertarungan di awal-awal putaran. Sementara Lorenzo terus melorot posisinya dan terjatuh saat duduk di posisi enam.

Pada prosesnya persaingan di depan cuma melibatkan Marquez dan Rossi. Keduanya berjarak sangat dekat, sampai pada akhirnya tiba momen pergantian motor.

Masuk secara bersamaan, Marquez kemudian mampu melanjutkan laju okenya dan mulai menjauh dari Rossi. Rossi sendiri tampak mengalami penurunan laju.

Rossi bahkan bisa tersusul oleh trio pebalap di belakangnya, Maverick Vinales, Dovizioso, dan Andrea Iannone. Beruntung baginya, satu per satu pebalap yang bertarung dengannya terjatuh.

Vinales jatuh usai kehilangan grip ban depan. Sementara duo Ducati gagal naik podium setelah Iannone yang terlalu kencang masuk tikungan, menabrak Dovizioso dan keduanya terjatuh di lap terakhir.

Pada akhirnya, Marquez memenangi balapan dengan nyaman. Rossi finis runner-up, dan Dani Pedrosa yang juga diuntungkan jatuhnya sejumlah pebalap di depan, naik podium ketiga.

Jalannya Balapan

Selepas start, pebalap berkerumun memasuki tikungan pertama. Marquez bahkan bersenggolan dengan motor lain dan membuat kamera di bagian belakang motornya patah. Sementara itu Rossi mengalami start yang kurang oke setelah ban belakangnya mengalami sedikit selip.

Lorenzo sempat memimpin, diikuti Marquez. Rossi, Vinales, Iannone, dan Dovizioso menguntit di belakangnya.

Berbekal tenaga besar Desmosedici, Dovizioso kemudian mengambil alih pimpinan balapan walaupun untuk sesaat. Marquez dan Rossi berhasil melewatinya, sementara Lorenzo terus melorot. Jack Miller jadi pebalap pertama yang terjatuh.

Tikungan pertama memakan sejumlah korban. Carl Crutchlow dan Aleix Espargaro terjatuh di saat yang bersamaan. Tak lama kemudian, Lorenzo yang saat itu menempati posisi enam, juga tersungkur setelah kehilangan grip ban depan di tikungan yang sama.

Di bagian depan, Marquez masih memimpin dengan dikuntit Rossi. Penampilan gemilang ditunjukkan Vinales, yang melewati Iannone dan Dovizioso untuk merebut posisi tiga.

Jelang pertukaran motor, Rossi dan Marquez sempat terlibat pertarungan. Rossi beberapa kali mampu melewati Marquez, tapi nama yang disebut terakhir bisa memberikan perlawanan dan kembali memimpin.

Saat perturakan motor, Vinales, Iannone, dan Pedrosa masuk pit lebih dulu. Sementara Marquez, Rossi, dan Dovizioso bertahan satu putaran lebih lama untuk mengganti motor.

Pergantian motor ini pada prosesnya mengubah jalannya balapan. Marquez mampu mempertahankan laju dan langsung membuka jarak dengan Rossi selepas keluar dari pit. Sementara Rossi tampak mengalami penurunan laju.

Marquez terus memperlebar jarak dengan Rossi. Sementara Vinales, Dovizioso, dan Iannone terus mendekat dengan pebalap Movistar Yamaha itu. Di belakangnya, Redding yang sempat mengungguli Pedrosa mengalami gangguan mesin dan tak bisa melanjutkan balapan.

Marquez nyaman memimpin balapan dengan jarak yang sangat aman dari kerumunan di belakangnya. Sementara Rossi terlibat pertarungan posisi dua dengan Vinales dan duo Ducati.

Beberapa putaran terakhir, Vinales mampu melewati Rossi. Rossi yang kesulitan dengan motornya juga susah payah menahan laju Dovizioso dan Iannone.

Tapi Vinales pada perjalanannya harus merelakan podium yang sudah di depan matanya setelah terjatuh. Dua putaran tersisa, Dovizioso dan Iannone menempati posisi dua-tiga, sementara Rossi berusaha memberikan perlawanan.

Di putaran terakhir, saat podium dua dan tiga sudah dalam genggaman Ducati, insiden terjadi. Iannone memasuki tikungan terlalu kencang, kemudian terjatuh dan menabrak Dovizioso di depannya. Rossi pun naik ke posisi dua, diikuti Pedrosa.

Komposisi ini tak berubah sampai akhir balapan. Marquez memenangi balapan, diikuti Rossi dan Pedrosa di posisi dua-tiga.

Hasil Balapan MotoGP Argentina: