Featured Video

Minggu, 24 April 2016

Rossi Juara di Spanyol!

Dominasi Rossi di Jerez dan Kemenangan Pertamanya Musim IniGetty Images/Mirco Lazzari gp

Valentino Rossi begitu dominan sepanjang balapan MotoGP Spanyol dan tak mampu terkejar Jorge Lorenzo serta Marc Marquez, yang terus diasapinya sejak lap pertama. Alhasil Rossi menang pertama kalinya musim ini.

Pada balapan yang dihelat di sirkuit Jerez, Minggu (24/4/2016) malam WIB, Rossi yang memegang pole position hanya sempat diganggu Lorenzo tak lama setelah balapan dimulai. Namun, setelah itu Rossi tak terkejar di depan dan memimpin balapan hingga finis.

Bagi Rossi itu adalah kemenangan pertama dari empat seri berlalu musim ini. Sementara, Lorenzo harus puas finis posisi kedua disusul Marquez di urutan ketiga.

Jalannya Balapan

Begitu lampu hijau muncul, Rossi langsung melesat dari posisi terdepan untuk meninggalkan Lorenzo dan Marquez di belakangnya. Lorenzo memang sempat menyalip namun langsung di-takeover lagi oleh Rossi.

Lap demi lap, Rossi terus menjauhkan jarak dengan Lorenzo di posisi kedua. Sementara itu rekan setimya di Yamaha tersebut mendapat gangguan dari Marquez yang terus mengejarnya.

Tujuh lap berlalu, Rossi unggul 1,8 detik dari Lorenzo di posisi kedua sementara Marquez masih menguntit dari posisi ketiga. Di belakang Marquez ada Dani Pedrosa, Aleix Espargaro, dan Maverick Vinales.

Sementara itu Andrea Dovizioso di lap ke-9 mengalami masalah pada motornya dan melorot jauh ke urutan paling bawah.

Sepuluh lap sudah dijalani dengan Rossi masih nyaman di posisi terdepan. Lorenzo dan Marquez masih terlibat persaingan sengit untuk posisi kedua.

Keunggulan Rossi di lap ke-11 kini menjauh jadi 2,3 detik dari Lorenzo, sementara Espargaro memburu Pedrosa untuk posisi keempat dengan selisih 0,57 detik. Lorenzo hanya unggul 0,32 detik dari Marquez.

Dovizioso akhirnya harus mengakhiri balapan lebih cepat untuk empat seri beruntun. Di seri ini kabarnya masalah ban jadi alasan Dovizioso.

Di lap ke-14 kesalahan Marquez di turn 6, karena terlalu melebar, membuat Lorenzo sedikit menjauh dengan gap di atas 1 detik. Rossi masih sangat nyaman di posisi terdepan.

Masuk di lap ke-17, Rossi unggul jauh sekitar 2 detik lebih dari Lorenzo yang terus berusaha mengejarnya.

Lima lap tersisa, Rossi masih memimpin dan kini gap-nya mencapai 3 detik di depan Lorenzo, yang sepertinya sudah aman dari gangguan Marquez.

Rossi pun tak terhadang lagi untuk melaju pertama kali di garis finis dan meraih kemenangan perdananya musim ini. Lorenzo dan Marquez berurutan finis di posisi kedua serta ketiga.