Featured Video

Sabtu, 02 September 2017

Aplikasi Instagram Ini Bisa Retas Akun Penggunanya


Belum lama ini, akun Instagram milik penyanyi Selena Gomez diretas. Foto bugil milik Justin Bieber, sang mantan kekasih Selena pun, sempat muncul di Instagram Selena tanpa sepengetahuannya.

Pihak Instagram mengonfirmasi bahwa peretasan tersebut dimungkinkan dengan menggunakan program aplikasi antarmuka (API) yang tersemat di dalam Instagram. Dilansir The Guardian, Kamis (31/8), aplikasi API, memungkinkan pelaku kriminal mencuri informasi personal milik selebritas seperti alamat email pribadi dan nomor ponsel para artis.
“Baru-baru ini kami menemukan bahwa satu beberapa orang memperoleh akses illegal untuk mengambil informasi kontak pengguna Instagram dengan mengeksploitasi aplikasi API,” pernyataan dari juru bicara Instagram.
Pihak Instagram menyampaikan dengan aplikasi tersebut, pelaku kriminal dapat mengakses pemegang akun yang sudah terverifikasi. Kebanyakan akun dimiliki oleh selebritas dan orang-orang yang berpengaruh.
Ini bukanlah kali pertamanya kalangan selebritas menjadi target peretasan di media sosial. Sebelumnya, hal serupa juga menimpa penyanyi Taylor Swift tepatnya 2015 lalu. Akun Twitter dan Instagram Taylor juga pernah diisi oleh foto-foto bugil oleh peretas.
Mengingat banyaknya kasus peretasan di media sosial, Facebook mengimbau para penggunanya untuk berhati-hati terhadap panggilan telepon, pesan teks hingga pesan email dari orang yang tidak dikenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar