Featured Video

Jumat, 10 Juni 2011

Rosi mau jadi juara.


Home » Sport » Balap

Valentino Rossi Tertantang Perawani Sirkuit Silverstone

Tribunnews.com - Jumat, 10 Juni 2011 07:51 WIB
Share
Print Berita IniPrint   + Text 
Valentino Rossi Tertantang Perawani Sirkuit Silverstone
net
Valentino Rossi
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Barir

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski berstatus sebagai rider yang tak punya pengalaman tampil di sirkuit Silverstone dibandingkan dengan rival-rivalnya, Valentino Rossi siap bersaing di MotoGP Inggris yang akan digelar akhir pekan ini, Minggu (12/6/2011). Rossi siap bergerak cepat untuk memahami kondisi trek.



Sebelumnya, Rossi belum pernah merasakan race sesungguhnya di sirkuit Silverstone. Musim 2010 lalu ia tak tampil karena sedang mengalami cedera. Karena sedang patah tulang, ia hanya menyaksikan race melalui siaran langsung televisi.

Untuk mengenal sirkuit agar tak terlalu tertinggal dibandingkan pesaing, Rossi sempat melakukan uji coba di sirkuit itu. Namun pada saat uji coba yang memanfaatkan jeda panjang di antara seri MotoGP itu, The Doctor melakukannya dengan menggunakan sepeda motor Ducati GP12, motor yang akan digunakan di musim 2012 mendatang.

Kondisi kurang pengalaman ini menjadi hal yang kurang menguntungkan. Sehingga Rossi berencana untuk memaksimalkan masa free practise pada Jumat (10/6) ini.

Rider-rider lain yang pernah tampil di Silverstone memiliki catatan dan data sebelumnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghadapi race di sana musim ini. Beda dengan Rossi yang memulainya dari nol, belum ada data yang bisa dijadikan Rossi sebagai acuan.

"Silverstone adalah trek yang sangat bagus, cukup sulit dan mendukung race dengan kecepatan tinggi. Saya baru akan memulai semuanya pada Hari Jumat dengan posisi handicap yang lebih kecil dibandingkan yang lain. Karena pada tahun lalu saya tak ikut race di sana," kata Rossi.

"Saya belum pernah mengendarai sepeda motor MotoGP di sana, meskipun saya pernah mencoba trek Silverstone sebanyak 20 lap dengan menggunakan motor street bike 1198," ujar Rossi.

Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri buat Rossi. "Saya akan mempelajari trek secepat mungkin. Tentu saja akan sangat teknis sifatnya, saya perlu mengetahui beberapa titik-titik area yang masih belum tahu (area blind spot)," katanya.

Dengan pemahaman yang tepat tentang kondisi sirkuit maka bisa menjalani race dengan jalur yang lebih sempurna. Yang ia butuhkan adalah ia bisa menemukan jalur terbaik yang nyaman dilalui saat race di trek tersebut.

"Menemukan jalur tepat adalah hal yang sangat penting. Tentu saja kami juga harus bekerja dan menyesuaikan semuanya dengan sepeda motor," katanya.

Di sisi lain, Rossi mengaku semakin memahami kondisi sepeda motor Ducati GP11 yang dipakainya. Ia bisa menemukan setingan yang lebih tepat untuk memaksimalkan performa motor, tim Ducati terus melakukan pengembangan secara kontinyu. Sebagai rider ia pun harus fokus pada usaha untuk meningkatkan performanya.

Catatan di Silverstone musim 2010 lalu, Ducati hanya mampu menempati posisi finis keempat dan kelima pada saat mereka menggunakan Nicky Hayden dan Casey Stoner sebagai ridernya.

Pemenang race di sana adalah Jorge Lorenzo dari Yamaha yang finis di depan rider Honda, Andrea Dovizioso dan Ben Spies saat masih di Yamaha Tech 3.

Editor: Ade Mayasanto
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar