Featured Video

Sabtu, 30 Juli 2011

Sebanyak 175 Tim Berebut Tiket ke Brasil


FIFA
Piala Dunia 2014 Brasil
RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Sebanyak 175 tim dari enam konfederasi, termasuk Indonesia, akan melanjutkan perebutan 31 tiket ke Piala Dunia Brasil. Sesuai rencana FIFA, undian untuk pembagian grup di enam zona akan dilakukan di Marina da Gloria kota Rio de Janeiro, Brasil, Sabtu (30/7) ini atau Minggu dini hari WIB.

Acara undian akan dikemas secara meriah di ruangan dengan alokasi undangan sebanyak 1.000 orang. Pelatih Spanyol Vicente del Bosque dan beberapa pelatih lainnya seperti Laurent Blanc, Guus Hiddink, Fabio Capello, Mario Menezes juga termasuk tamu yang diundang bersama 38 pelatih lainnya.
”Acara undian ini sudah direncanakan setahun lalu. Kami harap berlangsung sukses dan ini sekaligus menunjukkan kesiapan Brasil sebagai tuan rumah,” kata Joana Havelange, ketua penyelenggara lokal.
Di zona Eropa masih ada 53 tim yang bersaing untuk memperebutkan jatah 13 tiket. Tim-tim ini akan dialokasikan ke dalam delapan grup yang terdiri dari enam tim ditambah satu grup untuk lima tim. Zona Eropa dibagi dalam enam pot.
Juara dunia Spanyol, Belanda, Jerman, Inggris, Portugal, Italia, Kroasia, Norwegia, dan Yunani masuk dalam pot 1. Adapun Perancis, Montenegro, Rusia, Swedia, Denmark, Slovenia, Turki, Serbia, dan Slowakia berada di pot dua.
Setiap juara grup (sembilan tim) lolos otomatis ke Piala Dunia 2014. Delapan runner-up terbaik (ditentukan berdasarkan hasil delapan pertandingan melawan tim peringkat 1, 3, 4, dan 5 dalam grupnya) akan diundi untuk memainkan play off dua leg (kandang dan tandang).
Di zona Amerika Selatan (Conmebol) masih ada sembilan tim yang bersaing untuk memperebutkan jatah 4 atau 5 tiket. Adapun zona Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (CONCACAF) masih ada 30 tim yang bersaing untuk memperebutkan jatah 3 atau 4 tiket (dengan play off yang akan menentukan jumlah yang pasti)
Di zona Afrika (CAF) sebanyak 52 tim bersaing untuk mempe- rebutkan jatah 5 tiket. Sementara zona Oseania (OFC) ada sebelas tim yang bersaing untuk memperebutkan jatah satu tiket.
Zona Asia Di zona Asia, 20 tim bersaing untuk memperebutkan jatah 4 atau 5 tiket (play off akan menentukan jumlah yang pasti). Pemenang dari putaran kedua (Singapura, Cina, Suriah, Uzbekistan, Indonesia, Qatar, Kuwait, Jordania, Oman, Lebanon, UAE, Irak, Iran, Arab Saudi, dan Thailand) akan tergabung dengan lima negara peserta Piala Dunia 2010 yang sudah mendapat bye (Jepang, Australia, Korea Selatan, Korea Utara, dan Bahrain).
Undian akan menentukan empat tim yang tersebar ke dalam lima grup, dengan pot yang diurut berdasarkan ranking FIFA per Juli 2011. Indonesia masuk dalam pot 4. Laga putaran ketiga dijadwalkan dalam periode 2 September 2011 hingga 29 Februari 2012. (REUTERS/OTW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar