Featured Video

Rabu, 31 Agustus 2011

Sebagian Warga Sumut Buka Puasa Pukul 15.00


TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALIILustrasi: Warga mengikuti kegiatan buka puasa bersama di Masjid Gede Kauman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta, Senin (1/8/2011). Buka puasa pertama di bulan Ramadan 1432 Hijriah itu diikuti ratusan orang.
MEDAN, KOMPAS.com - Warga di sejumlah daerah di Sumatera Utara melakukan buka puasa pada Selasa siang setelah mendapatkan pengumuman tibanya bulan Syawal dari kenaziran atau bagian penerangan masjid setempat.
"Disuruh buka puasa pukul tiga (pukul 15.00 WIB) tadi," kata warga Desa Paolan, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara, Juntar Siregar, yang dihubungi Antara, Selasa (30/8/2011).

Ia mengatakan, pihaknya mendapatkan pemberitahuan untuk berbuka puasa tersebut dari pengumuman yang disampaikan pihak kenaziran masjid setempat.
Setelah dikonfirmasi, pengurus kenaziran masjid menyebutkan bahwa pengumuman itu disampaikan setelah adanya informasi dari sebuah stasiun televisi yang menyebutkan bulan Syawal telah tiba. "Jadi, kami pun buka puasa," katanya.
Mengenai shalat Idul Fitri, pelaksanaannya akan dilakukan pada Rabu (31/8/2011) karena diselenggarakan pada pagi hari. "Kalau shalat Idul Fitri, besok pagi," katanya.
Buka puasa pada Selasa saing juga dilakukan sejumlah warga Kabupaten Batubara, karena adanya pengumuman dari kenaziran masjid mengenai tibanya bulan Syawal.
"Dari masjid diumumkan sudah masuk bulan Syawal. Jadi, warga pun berbuka puasa," kata Khairul Anwar warga Desa Mesjid Lama, Kecamatan Talawi, Batubara.
Sebelumnya, dari sidang isbat yang diselenggarakan Kementerian Agama, ditetapkan 1 Syawal yang merupakan awal perayaan Idul Fitri atau Lebaran jatuh pada 31 Agustus.
Namun warga Muhammadiyah telah merayakan Lebaran dan elaksanakan shalat Idul Fitri pada 30 Agustus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar