Featured Video

Rabu, 07 Desember 2011

BOCAH DANDA KRITIS DITIMPUK KELAPA


Jika anda memiliki pohon kelapa, berhati-hatilah dan jangan menganggap remeh buah kelapa, karena bisa menimbulkan dampak yang fatal jika ditimpuk buah kelapa, terutama jika menimpuk bagian kepala. Selama ini masyarakat hanya mewaspadai tumbangnya batang pohon kelapa, tapi tak pernah mewaspadai ditimpuk buah kelapa.

Kejadian langka, kritis setelah ditimpuk buah kelapa dialami Danda Nofirzal Saputra (4). Dalam kondisi kritis Ia dirawat intensif di ruang High Care Unit (HCU) RSUP M. Djamil Padang Selasa (6/12). Bocah malang itu mengalami luka serius pada bagian kepala, sehingga tim medis mengusulkan operasi, karena bisa beresiko geger otak.
Peristiwa ini terjadi pada Senin (5/12) lalu, sekitar pukul 13.00 WIB. Ibunya Safriani sambil menangis mencoba berkeluh-kesah kepada wartawan. Waktu kejadian Ia sedang berjualan sayur-sayuran di Pasar Indrapura Kabupaten Pesisir Selatan. Ia mendapat informasi dari anggota keluarga,  jika waktu itu anak ketiganya itu akan membeli kue di sebuah warung. Jarak warung dari rumah hanya sekitar 50 meter.
Di sepanjang perjalanan menuju warung itu memang tumbuh pohon-pohon kelapa, yang menurut Safriani rata-rata buahnya telah matang. Tiba-tiba orang tua Safriani (kakek Danda red) yang tinggal di rumah Safriani mendengar buah kelapa yang jatuh.
“Entah kenapa, Kakek Danda langsung berlari mencari sumber suara itu,” tuturnya. Tak dinyana, sumber suara itu adalah buah kelapa yang jatuh. Tragisnya, Kakek menda­pati cucunya tergeletak tak berdaya di antara butir-butir buah kelapa. Menurut Safriani yang mendapat cerita dari orang tuanya, buah kelapa yang jatuh dan menimpa Danda tak hanya satu buah, tapi satu tandan. Satu tandan itu buahnya bisa sampai 10 buah.
Kakeknya terkejut dan berteriak. Warga yang kemudian datang mem­bawa Balita itu ke Puskesmas terdekat. “Hanya dirawat beberapa jam, sorenya dirujuk ke Padang,” tuturnya. Pantauan Haluan di RS M. Djamil Padang, Danda tak sadarkan diri sejak kejadian itu menimpanya. Ia diberikan pertolo­ngan berupa impus dan dipasang alat pendeteksi jantung.
Humas RS M. Djamil Padang Gustafianof mengatakan, hasil pemeriksaan dokter bedah, Danda mengalami cedera kepala berat. “Kita belum tahu kemungkinannya, dokter masih bekerja untuk menentukan tindakan lanjutan,” tuturnya.
Untuk kasus yang sama, korban yang luka-luka maupun yang tewas akibat ditimpuk kelapa sudah banyak terjadi di berbagai daerah di Indo­nesia. Antiah Agani (48) misalnya, warga Desa Teupin Me Kecamatan Tanah Luas Aceh Utara, juga sempat kritis dan menjalani perawatan intensif di RSUD Cut Mutia Lhok­seu­mawe akibat ditimpa buah kela­pa pada Selasa 18 Januari 2011 lalu.
Lebih parah lagi, Sarudin (45), Warga Kelurahan Pasir Wan Salim Pambar Kalimantan Barat tewas setelah ditimpuk buah kelapa. Peristiwa itu terjadi pada 11 Septem­ber 2011 lalu. Akibat ditimpuk kelapa, korban tak sadarkan diri, lalu terjatuh dan tewas di dalam sebuah kolam dekat rumahnya. (h/adk/wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar