Featured Video

Minggu, 08 Juli 2012

Rio Haryanto dapat tambahan satu poin

Pebalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto, mendapat tambahan satu poin setelah menempati posisi ke-10 pada seri ketujuh lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Silverstone, Inggris.


Juru Bicara Rio Haryanto, Andy Mailangkay dalam emailnya yang diterima ANTARA, Minggu, menyebutkan, dengan hasil ini Rio sudah mengumpulkan 27 poin dan menempati peringkat ke-15 klasemen sementara lomba balap mobil GP2 Series.

Pebalap berusia 19 tahun yang mendapat dukungan penuh dari PT Pertamina tersebut mencapai garis finis dengan catatan waktu satu jam 34.615 detik, sedangkan juara direbut pebalap tim Lotus GP Esteban Gutierrez dengan catatan waktu satu jam 22,657 detik.

Menempati peringkat kedua, pebalap dari tim Barwa Addex Johny Cecoto dengan catatan waktu satu jam 24,357 detik, sedangkan pemenang ketiga direbut Jolyon Palmer (iSport International) dengan catatan waktu satu jam 27,914 detik.

Pada nomor "feature race" Sabtu waktu setempat ini sempat tertunda karena hujan deras yang mengguyur Silverstone. Bahkan begitu lomba dimulai, mobil pengaman sempat memandu para pebalap hingga putaran keenam.

Dalam kondisi lintasan sirkuit yang basah, para pebalap memakai ban basah (wet) yang mampu mengeluarkan air sebanyak 60 liter per detik ketika mobil dipacu dalam kecepatan balap.

Pada putaran kesembilan, Rio yang mengawali lomba pada posisi ke-10 mulai menekan Josef Kral dan selisih waktunya 0,1 detik dan memiliki kesempatan untuk menyalip pebalap tersebut pada lingkungan Airtree dan akhirnya berhasil meskipun mobil Rio sempat melakukan sliding dan hampir tidak terkendali.

Setelah menyalip Kral, sasaran berikutnya adalah rekan satu tim Rio di Marussia Carlin Max Chilton yang berada pada posisi kedelapan.

Tetapi terjadinya kerusakan pada mobil yang dikendarai James Caledo (Lotus GP), memaksa mobil pengaman kembali masuk lintasan pada putaran ke-19, tetapi kemudian Rio dan Max Chilton mengganti bannya.

Ketika masuk kembali ke lintasan dua pebalap dari tim DAMS Davide Valsecchi dan Felipe Nasr sudah masuk ke posisi delapan besar sehingga Rio masuk finis di posisi 10.

Rio Haryanto usai lomba mengatakan, pada saat start kondisi pandangan buruk tetapi setelah beberapa lap akhirnya membaik dan dirinya langsung memanfaatkan untuk mengejar Josef Kral dan berhasil menyalipnya.

Sasaran berikutnya adalah rekannya Max Chilton, tetapi mobil pengaman kembali masuk dan dirinya bersama Max harus mengganti bannya. "Kalau tidak mengganti ban, posisi kami akan lebih buruk dan saya cukup senang dengan menempati posisi ke-10 ini," katanya.


http://www.antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar