Featured Video

Kamis, 22 November 2012

elasan Ribu Buruh Padati Istana, Jl Merdeka Utara Ditutup


Jakarta - Belasan ribu buruh pendukung UU BPJS memadati Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Akibatnya Jl Merdeka Utara ditutup.

Buruh terkonsentrasi di Jl Medan Merdeka Utara di depan Istana Merdeka sekitar 12.00 WIB, Kamis (22/11/2012). Pendemo tergabung dari Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI). Mereka memadati Jl Medan Merdeka Barat di depan Gedung MK hingga ke Jl Medan Merdeka Utara di depan Gedung MA. 

Atribut bendera beragam ukuran tampak mewarnai jalan utama di Istana Merdeka. Penjagaan dari pihak kepolisian diperketat di sepanjang Jl Medan Merdeka Utara, di depan Istana Merdeka.

Kelompok buruh dan polisi dipisahkan dengan kawat berduri. Puluhan pedagang kaki lima seperti pedagang kacamata, makanan dan minuman mulai menjamur di sekitar lokasi pendemo.

Salah satu pendemo, Joko, menyatakan aksi mereka yang mendukung UU BPJS karena UU tersebut tidak membedakan seluruh rakyat Indonesia.

"Bukan aksi tandingan tapi aksi perbedaan pandangan saja. Kami dari Jabodetabek, Karawang, Purwakarta dan Banten," kata Joko merujuk aksi buruh pada Rabu kemarin yang menolak BPJS karena mengharuskan iuran Rp 27 ribu/bulan untuk mendapatkan fasilitas jaminan sosial. 

Joko berharap UU BPJS tersebut dapat dijalankan pada Januari 2014. 

Sementara itu, akibat pendemo yang sudah terkonsentrasi di Istana Merdeka, lalu lintas dari Harmoni menuju HI dialihkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar