Featured Video

Kamis, 06 Juni 2013

Selamat Datang di Indonesia, Die Oranje!


Pemain timnas Belanda, Robin van Persie saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta (VIVAnews/Fernando Randy)
Setelah lama ditunggu timnas Belanda akhirnya tiba di Indonesia, Rabu, 5 Juni 2013. Mereka mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sekitar pukul 09.50 WIB.


Sesampainya di bandara, pasukan Louis van Gaal langsung memasuki ruang tunggu. Suasana di luar tunggu pun mulai riuh, para pendukung Belanda yang tergabung dalam komunitas Ons Oranje sudah mulai meneriakkan yel-yel penyambutan bagi tim kesayangan mereka.

Tak lama setelah itu, sekitar pukul 10.25 WIB, timnas Belanda mulai meninggalkan ruang tunggu. Mereka langsung menuju bus pemain yang disediakan oleh panitia. Selain pemain dan ofisial, rombongan juga diikuti wartawan dari Belanda.

Sayangnya para pemain tidak bersedia untuk menemui para penggemar. Mereka langsung "ngacir" naik bus yang akan membawa mereka ke Hotel Shangri-La, tempat mereka menginap selama berada di Jakarta. Dari sejumlah pemain hanya penyerang Manchester United, Robin van Persie yang mau berhenti dan bersedia memberi tanda tangan kepada beberapa suporter. Banyaknya pendukung Die Oranje yang hadir di Bandara Halim Perdanakusuma cukup membuat bek Everton, John Heitinga terkejut.

Pemain keturunan Indonesia ini mengaku terkesan dengan penyambutan seperti itu. Dia pun segera menuliskan kesan pesannya melalui akun Twitter-nya.

"Superb. Sangat mengejutkan bahwa begitu banyak orang di Indonesia adalah penggemar (Wesley) Sneijder, Arjen Robben, (Robin) Van Persie, Dirk Kuyt dan saya sendiri," tulis Heitinga dalam akun Twitter-nya.

Senada dengan Heitinga, pelatih Louis van Gaal juga terkesan dengan Indonesia. Di konferensi pers yang dilakukannya di Hotel Shangri-la, Van Gaal mengaku ingin berniat untuk mengajak keluarganya untuk berlibur ke Jakarta. Dia mengaku cocok dengan iklim hangat di Jakarta. Pelatih 61 tahun itu juga kagum dengan bangunan-bangunan antik yang masih berdiri di sudut ibukota.

Van Gaal juga mengatakan jika mereka tidak menganggap remeh pertandingan melawan Indonesia. Mantan pelatih Barcelona itu berjanji akan menurunkan kekuatan terbaik melawan skuad Garuda. Hal itu memang dibuktikan dengan sejumlah pemain-pemain papan atas Eropa seperti Sneijder, Kuyt, Robben dan Van Persie. Dari skuad yang dibawa, hanya Rafael van der Vaart dan Klaas-Jan Huntelaar yang tidak dibawa Van Gaal.

"Ini pertandingan yang cukup bergengsi. Pastinya kami akan serius dalam pertandingan nanti dan menurunkan kekuatan penuh untuk menghadapi Indonesia," tegas Van Gaal.

Sayang, sepertinya Robben yang baru saja meraih treble winners bersama Bayern Munich diragukan untuk tampil. Van Gaal mengatakan jika mantan pemain Chelsea tersebut mengalami cedera ringan saat bermain di final Piala Jerman (DFB Pokal) melawan VFB Stuttgart pada Minggu 2 Juni 2013.

Maklum saja, Robben tidak memiliki waktu lama untuk beristirahat. Setelah bermain di final Liga Champions pada 25 Mei, dia langsung mempersiapkan diri untuk bermain di final DFB Pokal. Dan pagi tadi, Rabu 5 Juni, Robben sudah tiba di Jakarta bersama timnas Belanda.
Timnas Belanda Disambut Luna Maya dan Raffi Ahmad

Kedatangan timnas Belanda sendiri disambut oleh dua artis kenamaan Indonesia, Luna Maya dan Raffi Ahmad. Baik Luna maupun Raffi mendapat tugas untuk mengalungkan bunga kepada para pemain Die Oranye. Baik Luna dan Raffi tentunya merasa bangga karena dipilih untuk menyambut langsung kedatangan timnas Belanda di bandara.

Mereka berdua juga menyempatkan diri berfoto dengan beberapa pemain Belanda. Selama di ruang tunggu, kedua artis tampak bergantian mengajak foto tiga pemain, yakni, Wesley Sneijder, Arjen Robben dan Robin van Persie secara bergantian.

Luna bahkan sempat mengabadikan kegiatan para pemain Belanda sesaat setelah mereka tiba di bandara. Foto-foto tersebut kemudian diunggah melalui akun Instagram-nya, @Lunamaya. Tapi ada kejadian lucu ketika ia mencoba untuk berfoto dengan pemain idolanya, Arjen Robben. Bukannya foto bareng dengan pemain Bayern Munich tersebut, Luna malah "menggandeng Van Persie.

"Saya sempat melihat mereka bermain, tapi saya lebih suka Robben. Karena itu saya langsung mencari di mana Robben. Tapi ternyata saat berfoto, saya salah orang. Saya malah berfoto dengan van Persie, bukan Robben. Untungnya Raffi (Ahmad) mengingatkan saya," kata Luna.

Sementara itu Raffi Ahmad justru mengidolakan Van Persie. Pria 26 tahun itu juga memuji kemampuan bermain Van Persie dan Wesley Sneijder. Dia mengaku kagum dengan kemampuan tendangan bebas RVP dan Sneijder. Selain berfoto dengan Sneijder, Robben dan RVP, Raffi juga sempat foto bareng dengan Dirk Kuyt dan John Heitinga.
Van Dijk dan Andik Vermansyah Tak Sabar Jumpa Belanda

Sementara itu di kubu Indonesia, bomber naturalisasi Indonesia dari Belanda, Sergio Van Dijk menilai jika laga yang akan berlangsung pada hari Jumat besok akan menjadi laga yang spesial untuknya. Itu karena dia akan menghadapi mantan rekannya di Akademi Groningen, Arjen Robben.

Ya, Robben dan Van Dijk pernah bermain bersama selama enam musim di Akademi Sepakbola Groningen. Striker Persib Bandung tersebut mengatakan talenta Robben telah menonjol sejak masih berusia belia.
Van Dijk sendiri mendapatkan tugas khusus dari pelatih Timnas, Jacksen F Tiago. Dia diberi tugas untuk memberikan referensi mengenai pola permainan Belanda.

Sama dengan Van Dijk, pemain mungil Andik Vermansyah juga tidak sabar untuk memperkuat Indonesia menghadapi Belanda. Laga akhir pekan ini menjadi pengalaman pertama Andik melawan timnas yang menjadi salah satu kekuatan sepakbola di Benua Biru.

"Jelas ini menambah pengalaman buat saya. Saya sempat menghadapi klub dari luar. Tapi karena ini negara dari Eropa, jadi lebih berbobot," kata pemain Persebaya IPL itu.

Timnas Belanda akan menghadapi Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hari Jumat, 7 Juni 2013. Sebelum bermain, mereka menjalani latihan perdananya di Jakarta pada hari Rabu malam, 5 Juni 2013. Timnas Belanda hadir di SUGBK pada pukul 19.00 WIB.
Rencananya pertandingan hari Jumat akan dihadiri oleh Presiden Federasi Sepakbola Belanda (KNVB), Michael van Praag. Kedatangan van Praag bukan hanya ingin menonton laga Indonesia vs Belanda, tapi juga membicarakan kerjasama antara PSSI dengan KNVB.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar