Featured Video

Rabu, 05 Juni 2013

Wim Rijsbergen Kritik Keputusan Belanda Hadapi Indonesia


Wim Rijsbergen


Mantan pelatih Timnas Indonesia, Wim Rijsbergen, mengkritik keputusan Timnas Belanda melakukan ujicoba lawan skuad "Garuda". Menurutnya, kedatangan Die Oranje saat ini tanpa tujuan yang jelas.


Rencananya, Belanda akan tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari Jumat, 7 Juni 2013. Pemain papan atas Eropa macam Robin van Persie, Wesley Sneijder sampai Dirk Kuyt diboyong oleh pelatih, Louis Van Gaal.

Namun, menurut Rijsbergen, Indonesia bukanlah lawan yang sepadan untuk Belanda. Apalagi, seluruh skuad finalis Piala Dunia 2010 itu harus menempuh perjalanan panjang ke Asia Tenggara.

"Indonesia berada di peringkat 170 FIFA. Jika Anda duduk 18 jam di pesawat dalam perjalanan harus memiliki tujuan yang jelas," kritik Rijsbergen pada media Belanda, De Telegraaf.

"Dan tidak seorang pun mengerti mengapa tim Belanda harus menghadapi Indonesia hanya satu tahun sebelum Piala Dunia, bahkan menurut saya Louis Van Gaal juga tak tahu alasannya," lanjutnya.

"Di lapangan sepakbola, kita harus tahu apa yang kita cari. Ini murni terjadi karena hubungan khusus dari sejarah kolonialisme," imbuh mantan pemain Timnas Belanda di Piala Dunia 1974 itu.

Karier Rijsbergen sendiri bersama Timnas Indonesia sebenarnya tidak mentereng, bahkan cenderung redup. Dari 11 pertandingan di periode Juli 2011 sampai Januari 2012, pria berusia 61 tahun itu hanya menang dua kali, seri tiga kali dan kalah di enam laga.

Kemenangan terpenting Rijsbergen adalah saat berduet dengan Rahmad Darmawan pada putaran kedua Pra-Piala Dunia 2014 melawan Turkmenistan. Sayang setelah pecah kongsi dengan RD, permainan Indonesia babak belur di kualifikasi PD 2014.

Saat menghadapi Iran, Qatar dan Bahrain di Grup E, skuad "Garuda" benar-benar tak berdaya. Dari enam laga semua berakhir dengan kekalahan. Bahkan, pada laga pamungkas melawan Bahrain, 29 Februari 2012, Indonesia harus rela kalah telak 0-10.
Rekor terburuk Indonesia sepanjang sejarah. Hasil buruk itu berujung pemecatan Rijsbergen dari kursi pelatih timnas.

s


Tidak ada komentar:

Posting Komentar