Featured Video

Selasa, 08 Oktober 2013

Kemenangan Historis Jepang Atas Argentina

Pertandingan bersejarah antara Jepang melawan Argentina.
Pertandingan bersejarah antara Jepang melawan Argentina.

Hari ini, Timnas Jepang mencetak rekor tersendiri di kancah sepak bola internasional. Tim Samurai Biru sukses mengalahkan salah satu tim raksasa asal Amerika Latin, Argentina, 1-0 di sebuah laga perhabatan. Ini menjadi kemenangan perdana Jepang atas Argentina di partai resmi. Kemenangan itu terjadi pada 8 Oktober 2010 di Stadion Saitama, Jepang.


Laga persahabatan itu menjadi pertemuan ketujuh antara kedua tim di sepanjang sejarah. Namun, Jepang tidak pernah bisa menang jika berhadapan dengan Albiceleste. Rekor itu pun akhirnya pecah di Stadion Saitama lewat gol semata wayang Shinji Okazaki pada menit ke-19 laga.

Padahal, dalam laga yang disaksikan 60 ribu pasang mata itu, Argentina diperkuat barisan penggawa-penggawa terbaiknya. Pelatih sementara Argentina, Sergio Batista, menurunkan Lionel Messi, Carlos Tevez, dan Diego Milito. Namun, ketiga nama striker beken itu tidak ada yang mampu merobek gawang tim Samurai Biru.

Tidak hanya itu, Argentina juga sebenanrnya dalam kondisi mental terbaik mereka. Sebelum menghadapi Jepang, Albiceleste sukses mengalahkan Republik Irlandia 1-0 dan juara Piala Dunia 2010, Spanyol, 4-1 di ajang laga uji coba. Namun, catatan apik itu tidak banyak membantu Argentina saat menghadapi tim besutan Alberto Zaccheroni itu. 

Argentina justru dikejutkan dengan gol Shinji Okazaki. Pemain yang saat itu masih membela klub lokal, Shimizu S-Pulse, itu mampu memanfaatkan kesalahan kiper Argentina, Sergio Romero. Okazaki sukses menyambar bola yang gagal ditangkap sempurna oleh Romero. Gol Okazaki itu pun menjadi satu-satunya gol yang terjadi di laga tersebut.

Argentina sebenanya sempat mengancam lewat aksi dari Messi. Penyerang Barcelona itu mampu melepaskan tembakan, tepatnya pada menit ke-14 dan menit ke-30. Tapi, kiper Jepang, Eiji Kawashima, berhasil menghalau upaya Messi tersebut. Jepang pun mampu menang atas Argentina untuk pertama kalinya.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar