Featured Video

Minggu, 02 Maret 2014

Madrid dan Atletico Bentrok, Barcelona Menunggu Berkah


Real Madrid vs Atletico Madrid (REUTERS/Juan Medina)
Berhasil memuncaki klasemen La Liga pekan lalu, Real Madrid kini mendapat ujian berat. Mereka harus berhadapan dengan rival sekota sekaligus pesaing kuat dalam perebutan gelar juara musim ini, Atletico Madrid.


Kemenangan sudah pasti menjadi target Los Blancos. Bukan hanya untuk menjaga gengsi sebagai penguasa ibu kota, namun tambahan tiga poin juga akan mengukuhkan mereka sebagai pimpinan classifica.
Tapi jika yang terjadi malah sebaliknya, Madrid berhasil dibekuk Atletico. Tentu itu menjadi petaka. Bukan cuma kehilangan pamor,El Real juga terancam terjun ke posisi kedua atau malah ketiga.

Patut dicatat, selain Atletico, di bawah Madrid juga masih adaBarcelona. Dua tim itu juga diketahui hanya tepaut tiga angka saja (60 poin) dengan anak-anak asuh Carlo Ancelotti (63 poin). Dengan begitu mereka 'diharamkan' melakukan kesalahan jika masih ingin terus di puncak.

Madrid dalam kondisi terbaik

Menghadapi pertandingan sarat gengsi di Vicente Calderon, Madrid dalam kondisi terbaik. Bukan cuma fisik, mental mereka juga tengah melambung usai meraih kemenangan telak 6-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di kandang Schalke 04, Veltins Arena tengah pekan kemarin.

Bahkan kubu Madrid berharap bisa melanjutkan kembali pesta mereka di markas Atletico pada akhir pekan ini, Minggu, 2 Maret 2014.

"Saya sangat bangga dengan para pemain. Mereka tampil sempurna melawan Schalke. Saya harap penampilan serupa juga kembali ditunjukkan saat menghadapi Atletico," kata pelatih Carlo Ancelotti.

Mengenai skuad yang akan diturunkan, Ancelotti mengaku masih bingung. Dia kemungkinan akan melakukan beberapa pergantian, tapi belum tahu akan merombak lini mana karena para pemain sekarang sedang dalam peak performance.

"Seluruh skuad dalam kondisi bagus. Kami juga punya beberapa pemain yang kembali bugar. Mungkin ada beberapa pergantian. Tapi terasa sulit mengubah tim yang sudah bermain luar biasa dalam beberapa pertandingan," ungkapnya.

Modal lain yang dimiliki Madrid untuk menghadapi Atletico adalah hasil semifinal Copa del Rey beberapa waktu lalu. Ya, Madrid sukses membungkam anak-anak asuh Diego Simeone dalam dua kali pertemuan, termasuk salah satunya di kandang mereka yang biasanya terkenal angker bagi Cristiano Ronaldo cs.

Antisipasi Atletico
Terpaksa bertekuk lutut di depan publik sendiri tentu bukan hal yang diharapkan oleh Atletico. Karena itu mereka siap melakukan berbagai cara untuk meladeni Madrid.

Gelandang anyar Diego Ribas melihat Madrid sebagai lawan yang berat. Tapi dia tetap yakin Los Cholchoneros sanggup meraih kemenangan apalagi mereka akan bermain di kandang sendiri.

"Itu jadi pertandingan sulit. Madrid adalah lawan spesial. Tapi kami sudah siap. Atletico selalu lebih kuat ketika bermain di Vicente Calderon," ungkap Diego.

"Kunci permainan adalah konsentrasi. Jika bisa menjaganya tetap konstan di 90 menit, maka kami telah menunjukkan yang terbaik dan pasti meraih kemenangan," sambung pemain asal Brasil yang pernah memperkuat Werder Bremen dan Juventus tersebut.

Ronaldo akan jadi senjata andalan Madrid untuk menggempur pertahanan Atletico. Sadar dengan kemampuan pemain yang ahli mengacak-acak lini belakang timnya dengan skill olah bola ciamik serta tendangan keras bak roket itu, kiper Thibaut Courtois mengaku sudah mengantisipasi semua.

"Tendangan Ronaldo sangat keras. Jika hanya menunggu, maka jarak satu meter arah bola akan berubah dan Anda tidak bisa bereaksi untuk mencegah gol," kata Courtois.

"Yang harus dilakukan adalah memantau pergerakannya dan mencoba menyerang sebelum Ronaldo mendapatkan ruang tembak. Saya sudah banyak belajar dari pertandingan sebelumnya," kata pemain pinjaman dari Chelsea tersebut.

Barcelona menunggu berkah Derby Madrid
Kalau mau jujur, Barcelona akan jadi pihak yang ikut meraup berkah dari Derby Madrid. Mungkin skenario terbaik yang diharapkan Los Azulgranas adalah Atletico keluar sebagai pemenang. Alasannya, lewat cara peluang mereka kembali memuncaki klasemen terbuka lebar.

Tapi tunggu dulu, Barcelona juga punya tugas yang harus diselesaikan sebelum mengharapkan 'untung' dari Derby Madrid. Mereka wajib mendulang poin penuh saat menjamu Almeria di Camp Nou.

Jika Barcelona bisa menampilkan performa terbaik, Almeria sebenarnya bukan masalah. Acuannya paling sederhana adalah posisi di klasemen. El Barca sekarang berada di posisi kedua, sementara calon lawannya hanya menempati posisi ke-16.

s 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar