Featured Video

Minggu, 18 Mei 2014

Menikmati Romantisme Danau Putih di Telaga Bodas, Garut

Menikmati Romantisme Danau Putih di Telaga Bodas, Garut
Danau Putih di Telaga Bodas, Garut 

Meninggalkan hingar-bingar Kota Jakarta menuju ke Garut, sebuah kota kecil di Jawa Barat. Kali ini yang menjadi tujuan destinasi yaitu kawah putih atau Talaga Bodas.


Selain indah, suasananya sungguh romantis.  

Secara kasat mata Talaga Bodas yang berada di Desa Sukamenak Kec Wanaraja Kab Garut ini hampir sama dengan Kawah Putih yang berada di Bandung. Namun Talaga Bodas jauh lebih memikat dibanding Kawah Putih.

Talaga Bodas merupakan kawah belerang yang membentuk sebuah danau besar dengan air berwarna putih. Talaga ini berada di ketinggian 1512 m diatas permukaan laut. 

Dari Ibukota, perjalanan menuju Talaga Bodas dimulai tengah malam dari Terminal Kampung Rambutan dengan menumpang bus malam menuju ke Kota Garut dengan tujuan akhir di Terminal Guntur.

Diperkirakan, bus tiba di Terminal Guntur Garut pada esok harinya, tepatnya subuh. Sesampainya di Garut, hembusan angin yang bertiup terasa hingga ke tulang.

Perjalanan pun dilanjutkan sejauh 20km dari Terminal Guntur menuju ke Talaga Bodas menggunakan angkutan kota berwarna merah putih ke Wanaraja. Kemudian dilanjutkan menumpang ojek hingga ke pintu masuk Talaga Bodas, Rp 50 ribu pulang pergi.

Sayangnya, dari Jl Raya Wanarasa menuju ke Talaga Bodas, akses jalan benar-benar rusak parah, berlubang serta berdebu. Meski begitu, selama perjalanan pengunjung tidak akan bosan karena disugukan pemandangan pembuatan batu bata yang menjadi mata pencaharian warga sekitar.

Termasuk juga kegiatan berkebun dari warga sekitar yang kerap menggarap lahan untuk menanam tanaman toman, kol, terong, kacang panjang, dan lainnya. 

Sesampainya di retribusi Talaga Bodas, kendaraan di parkir disana dan pengunjung berjalan kaki sekitar 15-20 menit menuju ke Talaga Bodas. Selama perjalanan, udara sejuk dan deretan hutan yang dipenuhi pepohonan menemani pengunjung hingga tiba di Talaga.

Di Talaga, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hikking, tracking, camping, fotografi, serta pemandian air panas.

Jika tiba disana pada pagi hari, pemandangan akan makin indah karena kabut masih menutupi Talaga dan udara dingin makin melengkapi panorama di Talaga Bodas.

Setelah puas berfoto ria dan duduk-duduk santai di Talaga Bodas, pengunjung bisa berjalan ke arah kanan menyusuri jalan berpasir menuju ke pemandian air panas belerang alami dan air terjun.t

Tidak ada komentar:

Posting Komentar