Featured Video

Minggu, 20 Juli 2014

Marquez Bicara Soal Peluangnya Jadi Juara Dunia di Aragon

ROBERT MICHAEL/AFP/Getty Images
 Meski MotoGP musim 2014 baru genap separuh berjalan, pembicaraan soal juara dunia sudan mulai terdengar. Jika bisa mempertahankan rekor 100%, Marc Marquez bisa menutup kompetisi pada balapan di Aragon.

Menyusul kemenangan ke sembilan yang didapat di MotoGP Jerman, Marquez kini berdiri makin kokoh di puncak klasemen dengan total poin dikumpulkan berjumlah 225. Dia unggul 77 angka atas Dani Pedrosa yang ada di posisi dua.

Dengan komposisi seperti itu, maka Marquez bisa lebih cepat memastikan mempertahankan gelar juara dunia miliknya. Jika bisa terus meraih kemenangan, pemuda asal Spanyol itu akan berpeluang mengunci gelar juara dunianya yang kedua pada race di Aragon.

Jika Marquez meraih lima kemenangan beruntun di balapan-balapan berikutnya (Indianapolis, Republik Ceko, Inggris, San Marino dan Aragon) maka poinnya akan berjumlah 350. Sementara jika Pedrosa diasumsikan bisa terus berada di posisi kedua pada balapan yang sama, maka jumlah angka akan menjadi 248.

Dengan hanya ada empat balapan tersisa setelah Aragon, perolehan poin Marquez tidak akan bisa dikejar oleh Pedrosa.

"Saya belum memikirkan soal menjadi juara dunia di Aragon. Yang terpenting sekarang adalah memenangi kejuaraan ini, soal kapan itu akan terjadi tidaklah penting," sahut Marquez usai balapan.

Diakui Marquez, jadi juara di Aragon akan sangat berkesan untuknya lantaran keluarnya akan menyaksikan balapan. Namun dia juga mengantisipasi jika di paruh kedua musim persaingan menjadi lebih berat.
"Buat saya tidak akan sama rasanya menang di Aragon jika dibandingkan di Australia, karena semua keluarga saya akan berada di Aragon. Tapi sulit untuk memikirkan paruh kedua musim akan berjalan sama seperti itu (meraih kemenangan beruntun)," lanjut dia di Marca.

Setelah balapan di Jerman, MotoGP akan beristirahat musim panas sekitar satu bulan lamanya. Seri akan berlanjut di Indianapolis pada 10 Agustus, dilanjutkan di Republik Ceko (17/8), Inggris (31/8), San Marino (14/9) dan Aragon pada 28 September.d