Featured Video

Selasa, 27 Januari 2015

Mencicipi Nikmatnya Jaringan 4G di Indonesia

-
Nikmatnya 4G LTE (Long Term Evolution) di Indonesia nampaknya sudah dapat dirasakan oleh banyak pengguna ponsel. Tak heran bila dihampir setiap media banyak operator telekomunikasi yang sudah berani mengklaim jika jaringan mereka sudah siap jalan di jaringan 4G LTE.

Janji Menkominfo agar teknologi jaringan 4G LTE sudah dapat dijalankan pada tahun 2015 ini nampaknya menjadi kenyataan. Pita frekuensi 900 Mhz dan selanjutnya 1.800 MHz merupakan jalur resmi yang dipilih Pemerintah untuk menjalankan 4G LTE. Teknologi jaringan 4G LTE digadang-gadang kecepatannya mampu mencapai 150 Mps, sehingga untuk masalah browsing, streaming hingga upload dan download akan jauh lebih lancar.
Di Indonesia sendiri layanan 4G LTE sebenarnya terbagi dalam dua tipe berdasarkan cara membagi koneksi saat download dan upload. Teknologi tersebut yaitu FDD (Fixed Division Duplex) dan TDD (Time Division Duplex). Operator seluler yang berbasis GSM di Indonesia saat ini lebih memilih mengadopsi teknologi FDD. Namun, satu hal yang harus diingat adalah untuk mendukung ekosistem jaringan 4G LTE ternyata tidak hanya dibutuhkan ketersediaan infrastruktur seperti BTS atau kartu SIM dari operator selular, tetapi juga dukungan perangkat atau ponsel yang juga sudah siap berjalan di jaringan 4G LTE tersebut.
Menurut Menkominfo Rudiantara, beliau pernah menyatakan bahwa ada beberapa produsen handset lokal Indonesia yang berjanji akan segera mengelurakan produk ponsel yang mendukung jaringan 4G LTE. Salah satu produsen lokal yang sudah siap meluncurkan produk terbarunya adalah Polytron yang diberi nama ZAP. Keunggulan pertama dari produk bercitarasa lokal ini adalah kemampuannya beroperasi di jaringan 4G LTE pada frekuensi 800 MHz, 900 MHz, 1800 MHz, 1900 MHz, 2100 MHz dan 2600 MHz. Selain itu, ditanamnya prosesor Qualcomm Snapdragon 410 Quadcore CPU 1.2 GHZ 64-bit dengan RAM 1GB dan memori internal mencapai 8GB.
Sedangkan untuk sistem operasi ponsel yang aslinya bernama Polytron 4G450 ini punya Android Kitkat 4.4 dan upgradable ke Android Lollipop 5.0. Soal fitur lainnya ponsel ini juga tidak kalah, seperti kamera (autofocus, LED flash, 5Mp di belakang dan VGA di depan) dan Layar 4,5 inci, dengan resolusi FWVGA 480 x 854 pixels, kerapatan 218 ppi. Namun, yang membuat ponsel ini menjadi "jagoan" di kelas ponsel 4G LTE di Indonesia bahkan dunia adalah soal harganya yang hanya Rp. 1.099.000,-. Nah, tunggu apalagi dapatkan ponsel Polytron ZAP di Blibli.com dan memangcanggih.com sehingga Anda dapat segera mencicipi nikmatnya jaringan 4G LTE.k