Featured Video

Sabtu, 28 Februari 2015

Aplikasi Racikan Barudak Bandung Siap Berkiprah di Barcelona

http://images.detik.com/content/2015/02/28/398/telkom46.jpgKampus Telkom University
 Produk inovasi racikan tim Telkom University (Tel-U) Bandung siap berkiprah di kancah internasional. Para anak bangsa kreatif itu masuk final kompetisi University Mobile Challenge (UMC) 2015 di Barcelona, Spanyol.

Tim yang terdiri mahasiswa dan dosen Fakultas Informatika Tel-U ini bakal bertanding dengan kampus-kampus terbaik sekaliber dunia. Sebut saja kampus asal Amerika Serikat seperti Pace University, UT Austin, MIT, dan UC Berkeley.

Selain itu ada universitas dari berbagai benua yang antara lain University of Capetown (Afrika Selatan), University of Waterioo (Kanada), dan Nanyang Technical (Singapura). Kompetisi tahunan yang diselenggarakan Applied Innovation Institute ini berlangsung pada 2-5 Maret 2015 mendatang.

Produk inovasi katya Tel-U yang sukses lolos ke ajang UMC 2015 ialah Integrated Transportation Safety (ITS). Produk tersebut hasil ciptaan Dody Qori Utama, dosen Teknik Informatika Tel-U.

"ITS sebagai sistem keamanan transportasi terintegrasi yang diciptakan untuk meningkatkan keamanan pada sistem transportasi umum," kata Rektor Tel-U Mochamad Ashari di kawasan Tel-U  Bandung, Jumat (27/2/2015).

Menurut dia, Brainstat adalah salah satu inti dalam produk ITS. ITS berperan melakukan pemetaan serta pengawasan kondisi transportasi seperti posisi kendaraan, kondisi mesin dan pengemudinya.

Brainstat inilah yang bekerja mengawasi kondisi pengemudi, apakah dalam kondisi fit, mengantuk, mabuk dan stres. "Jadi, Brainstat menjadi awal mula pengembangan ITS yang dikembangkan penciptanya sejak 2010," ucap Ashari.

Tim Tel-U yang akan terbang ke Barcelona yaitu Dody Qori Utama, Annisa Riyani, Nanda Budi, Masyithah Nur, Febriana Sawitri, Alfian Akbar, David Mushthofa dan Tauhid Nur Azhar.d