Featured Video

Kamis, 14 Mei 2015

Hentikan Madrid, Juventus Tantang Barcelona di Final

AFP PHOTO / DANI POZO
Bek Real Madrid, Marcelo (kiri) menyaksikan selebrasi penyerang Juventus, Alvaro Morata (kanan), setelah mencetak gol pada pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions, di Santiago Bernabeu, Rabu (13/5/2015).
Real Madrid gagal mempertahankan gelar Liga Champions pada musim ini lantaran disisihkan Juventus pada semifinal. Setelah takluk 1-2 dari Juventus pada pertemuan pertama laga semifinal, El Real hanya bermain imbang 1-1 pada semifinal kedua yang digelar di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu malam atau Kamis (14/5/2015) dini hari WIB. Dengan keunggulan agregat 3-2, Juve memastikan lolos ke final melawan Barcelona di Olympiastadion, Berlin, pada 6 Juni 2015.

Madrid berusaha mengendalikan permainan sejak awal laga. El Real mau tak mau harus meraih kemenangan untuk memastikan tiket final.

Ancaman pertama El Real datang dari kaki Karim Benzema pada menit keenam.  Bomber asal Perancis tersebut berhasil melepaskan tendangan dari jarak dekat. Namun, tembakan Benzema masih meleset.

Meski begitu, Madrid tidak dibiarkan leluasa mengembangkan permainannya. Beberapa kali Si Nyonya Besar mengancam pertahanan tim tuan rumah melalui serangan balik yang cepat.

Salah satunya saat Arturo Vidal melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-14. Beruntung bagi Madrid, IKer Casillas berhasil menepis bola tembakan dari Vidal tersebut.

Perlahan-lahan Madrid mulai mendominasi permainan. Pada menit ke-20, Benzema berhasil merangsek ke dalam kotak penalti lawan dan memberikan umpan. Sayang, tak ada pemain Madrid yang menyambut umpan Benzema.

Semenit kemudian, giliran Gareth Bale yang melepaskan ancaman melalui tembakan dari luar kotak penalti. Akan tetapi, Buffon melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola.

Usaha Madrid akhirnya membuahkan hasil melalui gol penalti Ronaldo pada menit ke-23. Madrid mendapat hadiah penalti setelah James Rodriguez dijatuhkan Giorgio Chiellini di kotak terlarang. Ronaldo yang maju sebagai eksekutor berhasil menyarangkan bola ke tengah gawang.


Benzema nyaris memperbesar keunggulan Madrid melalui tandukannya pada menit ke-30. Namun lagi-lagi, Buffon masih sigap mengamankan gawangnya.  

Buffon kembali membuat Benzema gigit jari pada menit ke-41. Kiper asal Italia tersebut mampu menepis tembakan jarak dekat yang dilepaskan Benzema. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Tiket final yang sudah digenggam Madrid seakan-akan lenyap setelah mereka kebobolan pada menit ke-57.



Casillas dipaksa memungut bola dari gawangnya sendiri lantaran gagal membendung tembakan jarak dekat Morata. Sama seperti pertemuan pertama, Morata tidak merayakan golnya. Hal itu wajar karena Morata merupakan pemain hasil didikan El Real.

Setelah gol tersebut, Ancelotti memasukkan Javier Hernandez untuk menggantikan Benzema pada menit ke-67.

Belum sempat melepaskan ancaman baru, Ancelotti nyaris melihat gawang timnya kebobolan jika saja Casillas tak sigap menepis tembakan Claudio Marchisio pada menit ke-70. 

Tujuh menit kemudian, giliran Paul Pogba yang melepaskan ancaman dari dalam kotak penalti. Namun, Casillas melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tembakan Pogba.

Setelah itu, Madrid lebih banyak mengendalikan serangan. Namun, tak ada gol tambahan dari tim tuan rumah hingga laga usai. Skor akhir 1-1-. Madrid pun dipastikan tersingkir.


Susunan Pemain
Real Madrid: 1-Iker Casillas; 2-Raphael Varane, 4-Sergio Ramos, 12-Marcelo, 15-Daniel Carvajal; 8-Toni Kroos, 10-James Rodríguez, 23-Isco; 7-Cristiano Ronaldo, 9-Karim Benzema (Hernandez 67), 11-Gareth Bale
Pelatih: Carlo Ancelotti

Juventus: 1-Gianluigi Buffon; 3-Giorgio Chiellini, 19-Leonardo Bonucci, 26-Stephan Lichtsteiner, 33-Patrice Evrà; 6-Paul Pogba, 8-Claudio Marchisio, 21-Andrea Pirlo (Barzagli 79); 9-Alvaro Morata (Llorente 84), 10-Carlos Tevez, 23-Arturo Vidal
Pelatih: Massimiliano Allegri

Wasit: Jonas Eriksson (Swedia).k