Featured Video

Selasa, 10 November 2015

Wikipedia: Lorenzo Bukan Juara Dunia MotoGP 2015

ScreenshotScreenshot halaman Wikipedia yang sempat menampilkan juara MotoGP 2015 "dibagi dua" antara Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

Perang" antara penggemar Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tak berhenti setelah balapan seri akhir di sirkuit Valencia, Spanyol, Minggu (9/11/2015), usai.

Perseteruan di antara keduanya hari ini dibawa ke ranah digital, termasuk situs Wikipedia.

Di situs yang menjadi referensi bermacam pengetahuan tersebut, daftar juara dunia MotoGP/500cc pada tahun 2015 sempat berubah-ubah. Wikipedia bahkan sempat menyebutkan, Lorenzo bukanlah juara dunia MotoGP 2015.

Menurut pantauan selain mencantumkan nama Jorge Lorenzo, situs Wikipedia juga mencantumkan teks "prized shared with Marc Marquez" atau berbagi gelar dengan Marc Marquez, pebalap Repsol Honda yang dianggap membantu Jorge Lorenzo memenangi gelar juara dunia 2015.


WikipediaLaman Wikipedia sempat menampilkan juara dunia MotoGP 2015 adalah Jorge Lorenzo dan Marc Marquez pada Senin (9/11/2015). Padahal yang menjadi juara sebenarnya adalah Lorenzo.


Pada suatu kesempatan, nama dalam daftar juara dunia juga sempat ditulis Valentino Rossi, bahkan menjadi Jorge Marquez, kombinasi antara Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

ScreenshotScreenshot laman Wikipedia yang menampilkan nama "Jorge Marquez" sebagai juara MotoGP/500cc 2015.


Hingga Senin (9/11/2015) sore, artikel daftar juara dunia MotoGP di Wikipedia sudah diganti sebanyak dua belas kali.

Namun, menurut pantauanKompasTekno pada Senin pukul 16.55 WIB, laman Wikipedia akhirnya mencantumkan nama juara dunia sebenarnya, Lorenzo.

Seperti diketahui, artikel di Wikipedia memang bisa diedit oleh penulis atau editor tertentu/terpilih yang sudah diberi otoritas dan telah diverifikasi oleh Wikipedia.

Kemenangan Jorge Lorenzo dalam balapan seri akhir di Valencia memang menuai kontroversi. Pebalap Spanyol itu disinyalir mendapat bantuan dari rekan senegaranya di tim Honda, Marc Marquez, yang sengaja memelankan sepeda motornya dan finis di posisi kedua, walau sepanjang balapan tampak menempel ketat Jorge Lorenzo.

Selain di Wikipedia, fans Rossi juga memberikan dukungan melalui jejaring sosial Twitter. Kata "Rossi" sempat menempati daftar Trending Topic di Indonesia seusai balapan pada Minggu (8/11/2015) sore.

Netizen pun menyindir kemenangan Jorge Lorenzo dengan membuat meme yang menghubungkannya dengan Marc Marquez.