Featured Video

Selasa, 16 Februari 2016

Ibu Rio Haryanto: Manor Tidak Bisa Menunggu Lebih Lama Lagi



Kepastian apakah Rio Haryanto akan membalap di Formula 1 2016 bersama Manor Racing memasuki masa akhir. Apalagi, tes resmi pertama musim ini sudah akan digelar di Barcelona, Spanyol, 22-25 Februari.


Pekan lalu, pihak Rio sudah menyerahkan uang muka sebesar 3 juta euro atau sekitar Rp 45 miliar. Angka tersebut juga belum memenuhi niliai yang ditetapkan.

"Jumlah itu seharusnya deadline pembayarannya Desember tahun lalu. Karena baru dibayar kemarin, DP-nya jadi naik. Sekarang masih kurang 2,5 juta euro," kata Indah Pennywati, ibu Rio, ketika dihubungi KOMPAS.com, Selasa (16/2/2016).

Indah mengatakan bahwa 2,5 juta euro tersebut seharusnya dibayar oleh Pertamina. Ketika dihubungi KOMPAS.com. Indah sedang dalam perjalanan untuk bertemu Pertamina.

"Manor tidak bisa menunggu lebih lama lagi, karena alasan operasional. Harusnya hari ini sudah ada keputusan final," kata Indah menambahkan.

Jika dana dari Pertamina sebagai sponsor Rio akhirnya cair, Rio hanya punya beberapa hari untuk melakukan persiapan akhir sebelum turun pada tes di Barcelona.

"Waktunya memang mepet sekali. Katakanlah uang dari Pertamina cair sekarang, Rio mungkin akan berangkat Kamis (18/2/2016) malam dan baru sampai Jumat. Habis itu masih ada hari libur, Sabtu dan Minggu. Padahal dia belum mengatur seat mobil dan urusan teknis lainnya," ujar Indah.

Indah lalu mengatakan bahwa seandainya keluarganya tidak terkena musibah pada tahun lalu, masalah ini akan teratasi. Pada akhir Juli 2015, salah satu gudang PT Solo Murni, perusahaan keluarga Rio, mengalami kebakaran.

"Kalau kemarin, amit-amit, saya enggak ada musibah, mungkin tidak seperti ini. Kerugian karena musibah kemarin memang cukup besar," kata Indah lagi.

Di beberapa media Eropa, saat ini muncul kabar bahwa bukan tidak mungkin Manor akan memakai tiga pebalap untuk mengisi satu kursi mereka musim ini. Jika benar, artinya Rio akan membalap tujuh seri dari 21 balapan yang dijadwalkan.

Selain Rio, pebalap yang jadi kandidat adalah Alexander Rossi (Amerika Serikat) dan Will Stevens (Inggris). Satu kursi lainnya sudah jadi milik pebalap Jerman, Pascal Weherlein.

"Kalau saya tanya ke Manor-nya enggak begitu. Selama ini belum ada omongan seperti itu," ujar Indah.

Rio harus menyediakan dana sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp 225 miliar untuk mengamankan kursi di Manor selama satu musim.