Featured Video

Sabtu, 23 April 2016

Ini Penyebab Kericuhan di Lapas Banceuy

Lapas Banceuy yang terbakar di Jalan Soekano Hatta, Bandung, Sabtu (23/4).

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Jodie Rooseto mengatakan kerusuhan Lapas  Banceuy diduga karena ada narapidana yang tewas gantung diri, Jumat (22/4) malam.
Narapidana tersebut diketahui tewas gantung diri setelah dipindahkan ke sel khusus karena dicurigai menjadi perantara pengedaran narkoba di dalam lapas.


Irjen Pol Jodie mengatakan kerusuhan merupakan aksi solidaritas karena tidak terima dengan kematian napi yang diketahui bernama Undang tersebut.
Narapidana curiga Undang dianiaya petugas lapas."Mungkin tidak terima dengan keadaan itu tadi malam dia melakukan gantung diri. Bukan dianiaya bukan faktor kekerasan. Karena gantung diri. Kemudian setelah mengetahui temannya gantung diri muncul solidaritas diwujudkan bentuk hari ini," kata Jodie di Lapas Kelas II A Banceuy, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/4)

Jodie menegaskan tidak ada penganiayaan yang dilakukan petugas. Undang beserta kawannya Agus, yang positif narkoba, diamankan di sel khusus. Namun kemudian Undang ditemukan tidak bernyawa di ruang isolasinya.

Rekan sesama napi yang tidak terima lantas melakukan kericuhan.  Ia menyebutkan para napi menyerang ke luar kamar tahanan. Penyerangan ini disertai dengan pelempatan batu, botol, serta pembakaran yang terjadi sekitarr pukul 08.00 WIB.  

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Hanya korban luka-luka akibat dorong-dorongan. Kondisi lapas berhasil diamankan. Ratusan napi didorong mundur dan diamankan pada satu ruangan khusus.

Polda Jawa Barat menurunkan hampir seribu pasukan yang awalnya berjaga untuk kegiatan musyawarah daerah Partai Golkar. 

"Sudah kami lokalisir. Ini hampir seribu pasukan. Sedang pengamanan musda yg musda digeser," ujarnya.

Hingga kini kondisi di Lapas Banceuy sudah cukup kondusif. Meskipun aparat masih berjaga-jaga di lokasi kejadian menghindari kericuhan susulan. r