Featured Video

Sabtu, 16 April 2016

Rio Star Didepan Hamilton

Rosberg Start Terdepan, Rio ke-20, Hamilton Paling Belakang
Nico Rosberg meraih pole pertamanya di musim 2016. Sementara itu, rekan satu timnya di Mercedes, Lewis Hamilton, justru start paling belakang.

Sesi kualifikasi di Sirkuit Internasional Shanghai, Sabtu (16/4/2016) berlangsung dalam kondisi kering, berbeda dengan sesi free practice III beberapa jam sebelumnya yang berlangsung setelah sirkuit diguyur hujan.

Rosberg menjadi pebalap tecepat setelah menorehkan catatan waktu terbaik 1:35,402 detik. Catatan waktu tersebut diraihnya dengan dramatis lantaran didapatkannya di menit-menit akhir Q3.

Sebelumnya, pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, sempat memimpin sesi. Ketika Rosberg sudah menyelesaikan sesi, Raikkonen masih berada di lintasan sehingga masih memiliki kesempatan untuk mengalahkan catatan waktu Rosberg.

Namun, Raikkonen tetap gagal melampaui catatan waktu Rosberg. Pada akhirnya, pebalap asal Finlandia itu mengakhiri sesi dengan berada di urutan ketiga. Raikkonen menorehkan catatan waktu 1:35,972 detik.

Pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, berada di posisi kedua dengan catatan waktu 1:35,917 detik. Ia berselisih 0,515 detik dari catatan waktu Rosberg.

Sementara itu, Hamilton sudah tereliminasi sejak Q1. Mobilnya tiba-tiba mengalami masalah, yang mana membuatnya masuk pit lebih awal tanpa menorehkan catatan waktu sama sekali.

Ditambah penalti mundur grid lantaran mengganti girboks, Hamilton pun dipastikan start dari urutan paling belakang (posisi 22).

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, start dari urutan ke-20 dengan catatan waktu 1:40,264 detik. Rio juga tereliminasi pada saat Q1, meski di sesi yang sama sempat menempati urutan 10 besar. Rekan satu timnya, Pascal Wehrlein, start dari urutan ke-19 lantaran melintir di Q1.

Di Q2, Felipe Massa, Fernando Alonso, Jenson Button, Romain Grosjean, Marcus Ericsson, dan Felipe Nasr menjadi pebalap yang tereliminasi. Pada Q2 juga sempat terjadi insiden di mana ban depan mobil Nico Hulkenberg lepas. Beruntung, Hulkenberg tidak tereliminasi di Q2 lantaran catatan waktunya lebih baik dari enam pebalap di belakangnya.

Lantaran insiden yang dialami Hulkenberg itu, Q2 dihentikan ketika masih menyisakan waktu sekitar 1 menit. Red flag dikibarkan dan race control menyatakan sesi tidak dilanjutkan kembali.