Featured Video

Rabu, 18 Mei 2016

Komunitas Desainer Etnik Indonesia Gelar Minangkabau Fashion Festival 2016

Sejumlah desainer memperlihatkan rancangannya yang akan dibawakan saat Muslim Fashion Festival Indonesia yang akan digelar Mei 2016.


Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatra barat menyelenggarakan event Minangkabau Fashion Festival yang akan berlangsung pada 23 hingga 25 Mei 2016. 


"Kegiatan itu untuk menghidupkan kembali keinginan para desainer menjadikan pakaian Minangkabau tidak hanya sekadar baju adat, melainkan bisa dimodifikasi," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Burhasman di Padang, kemarin.

Ia mengatakan even Minangkabau Fashion Festival yang akan diadakan di Hotel Bumi Minang Padang itu fokus pada fashion muslim yang modern namun tetap menjaga kaidah Minangkabau.

"Sumbar kan salah satu destinasi wisata halal, jadi dalam even ini Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah harus tetap dijaga," jelasnya.

Ia berharap dengan kegiatan itu para generasi muda yang berbakat di bidang desain bisa mengembangkan diri dan berkreasi semaksimal mungkin.

Sementara Ketua Koordinator Daerah KDEI Sumbar, Novita Hertini menyampaikan persiapan event tersebut berjalan lancar dan telah dimulai pula dengan promosi pada 20 April di Jakarta dalam kegiatan Inacraft.

"KDEI terdiri dari 18 desainer dan enam pelaku UMKM dan akan berkontribusi penuh dalam event ini," ujarnya.

Ia menjelaskan rangkaian acara Minangkabau Fashion Festival 2016 tersebut di antaranya pada 23 Mei terdapat parade 20 pasang busana penganten muslim etnik tradisional modifikasi minangkabau oleh KDEI Sumbar, peresmian KDEI Sumbar oleh gubernur, moeslim young designer competition dan pesona budaya mandeh serta peragaan busana muslim KDEI.

"Nanti akan hadir diantaranya Itang Yunaz dan Cintami Atmanagara," sebutnya.

Pada 24 Mei kegiatan dilanjutkan dengan lomba hijab kreasi, Minangkabau karnaval dan lomba modifikasi busana penganten Minangkabau.
Sedangkan pada 25 Mei akan berlangsung Minangkabau Runaway Competition yang mencari sepasang model Sumbar untuk mewakili provinsi itu dalam acara final YAPMI Indonesia top model 2016 di Jakarta serta adanya peragaan busana muslim dari 20 desainer etnik Minangkabau.

"Total hadiah dalam kegiatan ini mencapai Rp 108.250.000 untuk lima pemenang," ujarnya.R