Featured Video

Senin, 06 Juni 2016

Ustaz Arifin Ilham: Inilah 13 Keistimewaan Ramadhan

Mengkaji Alquran, salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan.

Sungguh beruntung kaum Muslimin. Allah SWT menganugrahkan bulan Ramadhan yang amat berkah dan penuh dengan berbagai keistimewaan. “Bulan Ramadhan mempunyai setidaknya 13 keistimewaan,” kata Pimpinan Majelis Azzikra  Ustaz Muhammad Arifin Ilham dalam broad cast yang dikirimkan kepada Republika, Senin (6/6) dini hari.


Menurut Ustaz Arifin, ketiga belas keistimewaan itu adalah, pertama, kaum Muskimin patut bersyukur karena  menjadi manusia terpilih dipanggil Allah untuk shaum, "Hai hamba hamba Allah yg beriman...". 

Kedua, kata Arifin, kaum Muslimin melaksanakan ibadah shaum sebagaimana orang-orang mulia terdahulu, para nabi dan  para wali-Nya. “Ketiga, Masya Allah bahagianya diperintah untuk naik maqam taqwa sebagaimana dinyatakan di dalam Alquran Surah Al-Baqarah ayat 183, bahwa tujuan berpuasa agar Muslim menjadi takwa,” ujar Arifin.

Keistimewaan keempat, kaum Muslim berkesempatan meraih ampunan seluruh dosa yang lalu selama melaksanakan ibadah Ramadhan tersebut dengan penuh keimanan dan   semangat "ihtisaban" (intospeksi diri) untuk bertaubat sungguh-sungguh dan janji tidak pernah mau bermaksiat  lagi,” papar Arifin.

Kelima, kata Arifin, doa-doa selama berpuasa mustajabah. Keenam, masuk surga Allah melewati pintu VIP Ar Royyan. “Ketujuh, puasa perisai dari murka Allah dan neraka-Nya,” tuturnya.

Kedelapan, segala amal selama puasa dilipatgandakan oleh Allah sampai 70 kali lipat. Kesembilan, mendapat syafaat Nabi Muhammad di akhirat kelak.  “Kesepuluh, meraih kesehatan fisik yang prima,” ujarnya.

Kesebelas, Ramadhan merupakan kesempatan maksimal untuk berinteraksi dengan Alquran dan menghidupkan Sunnah Nabi Muhammad, dari tarawih, sedekah, buka puasa, i'tikaf dan sebagainya. “Kedua belas, motivasi Lailatul Qodar  yang ada hanya pada bulan Ramadhan. Dan ketiga belas, khusus shaum hanya Allah yang menilainya,” papar Ustaz Muhammad Arifin Ilham.r