Featured Video

Minggu, 21 Agustus 2016

Crutchlow Juara,


Kejutan terjadi pada MotoGP Republik Ceko 2016. Pebalap Honda, Cal Crutchlow, finis pertama untuk pertama kalinya. Valentino Rossi di peringkat kedua. 


Dalam balapan yang bergulir di Sirkuit Brno, Minggu (21/8/2016) Marc Marquez tak berhasil memanfaatkan keuntunggannya yang start pada posisi pole. Kejutan malah dibuat pebalap Inggris, Crutchlow, sejak berhasil mengambil alih posisi Marc Marquez pada lap 13. 

Di belakang Rossi, terdapat Marquez, Loris Baz, Hector Barbera, dan Eugene Laverty. 

Bagi Crutchlow kemenangan ini menjadi yang pertama kali dibuatnya di MotoGP. Bahkan Crash mencatat ini menjadi rekor baru setelah 35 tahun pebalap Inggris menjadi juara Grand Prix. Terakhir kali, hasil itu dibuat Barry Sheene pada tahun 1981. 

Jalannya balapan

Sirkuit Brno sempat diguyur hujan sebelum race dimulai. Pebalap Ducari, Andrea Iannone, langsung mengambil alih posisi Marc Marquez di urutan terdepan. Iannone relatif konsisten memimpin balapan.

Persaingan sengit terjadi di belakangnya. Andrea Dovizioso yang start dari urutan ketujuh memaksa Marquez ada di urutan ketiga pada lap ketiga.

Marquez juga makin tertinggal setelah dilewati Scott Redding (Ducati). Redding menunjukkan ancamannya dengan mengambil alih posisi Davizioso di urutan kedua pada lap keempat. Sementara Valentino Rossi kian tercecer dengan berada di urutan ke-14.

Memasuki lap kedelapan, Hector Barbera dari Ducati menggeser Marquez.

Sial bagi Davizioso. Dia mengalami kerusakan mekanik dan harus masuk pit pada lap kesepuluh dan harus keluar dari lintasan untuk mengganti motornya. Barbera pun mengambil posisi ketiga.

Cal Crutchlow dari Honda menjadi kejutan lain pada balapan kali ini. Start dari urutan kesepuluh dia berhasil melewati Marquez pada trek lurus sehingga bisa berada di urutan keempat pada lap 13.

Crutchlow makin menggila dengan bisa menembus ke urutan kedua setelah bersaing ketat dengan Barbera. 

Tapi, pesaing justru datang dari pebalap yang amat jauh di belakang. Rossi belum menyerah. Dia makin kencang dalam tujuh lap tersisa dan berhasil menyodok ke urutan ketiga pada lap 18.

Di sisa lima lap Rossi merangsek ke urutan kedua.

Marquez kembali memacu kencang motornya dan mengambil alih tempat Barbera di urutan ketiga.

Hingga balapan usai, Crutchlow tak terkejar. Rossi tetap kedua diikuti Marquez di urutan ketiga.