Featured Video

Jumat, 20 Oktober 2017

Uber Bangun Kota untuk Uji Mobil Tanpa Sopir


Tekad Uber untuk menggantikan armada manusianya dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence, AI) tampaknya sudah makin serius. Perusahaan asal AS itu sampai membangun kota replika untuk pengembangan mobil tanpa sopir tersebut.

Untuk mencapai ambisinya, Uber membangun sebuah kota buatan seluas 42 hektar di Pennsylvania, AS. Kota buatan tersebut dinamakan Almono.
Almono dibangun dengan tata kota hampir mirip dengan kondisi kota wilayah AS. Kota ini dilengkapi dengan pembatas jalan, lampu lalu lintas, persimpangan rumit, dan mobil yang berlalu lalang.
  
Tidak hanya itu, Almono juga melengkapi kotanya dengan maneken sebagai pengganti orang yang berlalu lalang. Adanya maneken ini bertujuan untu menguji refleks mobil tanpa awak Uber terhadap perilaku pengguna jalan yang tidak menentu, seperti menyebrang secara tiba-tiba. 
Tahun 2016 silam, Uber pernah meluncurkan mobil tanpa awak sebagai armadanya di Pittsburg. Namun, hal tersebut tidak berjalan dengan lancar.
Mobil tanpa awak Uber saat itu dilaporkan mengalami kecelakaan parah. Meskipun tidak ada korban jiwa pada saat kejadian, Uber langsung menghentikan programnya untuk ditinjau ulang.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar