Featured Video

Rabu, 22 November 2017

Etape V TdS, Pebalap Ditantang Tiga Tanjakan Tinggi


Setiap hari etape yang digelar, pebalap yang mengikutinya berkurang. Hari ini Rabu (22/11), tinggal 82 pebalap pada etape kelima Tour de Singkarak (TdS) dari 108 peserta. 
Dimulai dari Terminal Bareh Solok, pada etape ini, pesepeda dari 29 negara dihadapkan dengan tiga balapan menanjak dan dua balapan adu cepat atau sprint. 

Etape di tiga tanjakan yang akan ditempuh pembalap terletak di ketinggian antara 900 hingga 1500 MdPL, dan dalam istilah balap sepeda, tanjakan tersebut merupakan kategori High Classification (HC).
Lepas dari start dari Terminal Bareh Solok, tanjakan pertama di sekitaran Gunung Talang, tepatnya di kilometer ke 23. Tanjakan di kawasan ini terletak di ketinggian 932 MdPL.
Pebalap harus terus siaga, karena tanjakan kedua di Kayu Aro, di ketinggian 1205 MdPL sudah menani. 
Jelang 13 kilometer kemudian, tantangan semakin berat. Tepat di kawasan Rawang Gadang, Alahan Panjang pembalap akan terus menanjak hingga ke ketinggian 1534 MdPL. 
Total balapan yang menempuh jarak 153,2 kilometer dari Kota Solok hingga Kabupaten Solok Selatan ini, pebalap mengayuh sepeda di jalan yang menanjak lebih kurang sepanjang 23 kilometer.
Memasuki Pakan Raba,  tepatnya di kilometer ke 114, pebalap akan dihadapkan dengan balapan sprint. Pada kompetisi adu cepat yang pertama ini, para spinter akan mengambil bagian hingga titik finish.
Kemudian, memasuki kawasan Muara Labuh-dekat Objek Wisata Seribu Rumah Gadang, atau 31,5 kilometer sebelum Finish pebalap akan kembali beradu kecepatan dengan balapan sprint kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar