Featured Video

Senin, 01 Agustus 2011

Gamawan Bantu Pendidikan Anak Keluarga Miskin


SOLOK, HALUAN —   Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Sabtu (30/7), me­nyerahkan bantuan pendidikan sebesar Rp50 juta bagi 200 anak-anak keluarga miskin di Kabupaten Solok.
Ikut hadir dalam acara yang berlangsung di Gedung Perte­muan Solok Nan Indah terse­but, Ny. Vita Gamawan, Bupati Solok Syamsu Rahim, Wabup Desra Ediwan A, Ketua DPRD, Sekdakab, Wawako Solok, Kepala Bank Nagari dan beberapa Kepala SKPD diling­kungan Pemkab Solok.

Dalam kesempatan tersebut Gamawan Fauzi menyam­paikan, kehadiran kali ini adalah selaku pendiri Yayasan Pendidikan Solok Nan Indah, yang dana abadinya diambilkan dari penjualan lagu Gamawan sendiri saat jadi bupati dulu. Dana tersebut saat ini telah berjumlah Rp550 juta, mening­kat dari dana sebelumnya sebesar Rp400 juta.
“Dahulu dana ini sempat terkatung-katung dalam pengu­rusannya. Kemudian saya ambil alih. Dan saat ini saya ingin me­ngembalikan dana tersebut agar dikelola secara baik oleh Pem­kab Solok atau pengurus yang ditun­juk nantinya. Kita berharap, langkah ini dapat menjadi motivasi bagi peme­rintah untuk membantu anak-anak kita yang pandai-pandai na­mun berasal dari keluarga yang tidak mam­pu,” ujar Gamawan.
Dijelaskan, dana ini didapat saat ia jadi bupati. Karena itu harus dikembalikan lagi ke daerah ini. “Mudah-mudahan, dana ini akan terus digulirkan nantinya. Harapan saya bagai­mana nantinya Dana Abadi Yayasan Pendidikan Solok Nan Indah dapat meningkat menjadi Rp1 miliar, sehingga akan mampu membantu lebih ba­nyak orang lagi,” harapnya.
Bupati Syamsu Rahim dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa bangga dengan adanya bantuan dari Yayasan Pendidikan Solok Nan Indah, yang didirikan oleh Gamawan. Demikian juga halnya dengan bantuan pendi­dikan senilai Rp130 juta  yang berasal dari CSR Bank Nagari, dimana Rp20 juta diantaranya dialokasikan untuk masyarakat Kabupaten Solok.
Kepada para camat dan  walinagari, Bupati Syamsu Rahim mengi­ngatkan agar jangan sekali-sekali merekayasa nama saat mengajukan usulan. Apalagi jika dikemudian hari ternyata mereka berasal dari kalangan masyarakat yang mampu. Bagaimanapun, bantuan ini mesti tepat sasaran.
Saat ini, potensi SDM yang berkualitas itu tidak saja berada di tempat pemukinan nan padat. Namun potensi itu juga tumbuh di daerah-daerah terisolir. Kesemua itu merupa­kan buah dari kesuksesan para guru-guru berprestasi di daerah itu. “Guru-guru ini yang sesungguhnya nantinya pantas kita berikan award,” ujarnya.
Selain untuk mengikuti acara Wisuda ke XI STAI Solok Nan Indah, kunjungan Mendagri Gamawan Fauzi ke Kabupaten Solok kali ini juga dimaksudkan untuk me­ngun­jungi lokasi pembangunan gedung STAI yang lebih repre­sentatif di Halaban Koto Baru Kabupaten Solok. Saat acara wisuda STAI,  Bupati Syamsu Rahim  menyatakan akan menambah dana Yayasan Pen­didikan Solok Nan Indah sebesar Rp500 juta, yang sebelumnya akan disampaikan ke DPRD, sesuai dengan aturan yang berlaku. (h/rel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar