Featured Video

Sabtu, 27 Agustus 2011

GAMAWAN DAN BASRIEF ARIEF THE BEST ALUMNI FH UNAND


PADANG, HALUAN — Panitia 60 Tahun Fakultas Hukum Universitas Andalas menganugerahi Gamawan Fauzi, SH dan Basrief Arief SH, MH sebagai The Best Alumni (Alumni Terbaik) Fakultas Hukum (FH) Unand.
Penyerahan penghargaan kepada kedua alumni yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri RI dan Jaksa Agung RI  itu,  akan dilakukan  pada Rapat Senat Luar Biasa FH Unand, di Auditorium Unand, Kampus Limau Manis, Selasa (6/9) yang akan datang.
“Kami sudah mengonfirmasi Pak Basrief dan Pak Gamawan untuk menerima penghargaan ini. Insya Allah, beliau akan hadir,” kata Ketua Panitia 60 Tahun FH Unand Prof Dr Saldi Isra, SH,MPA di Kantor Redaksi Haluan, Jumat (26/8).

Saldi didampingi Dekan FH Unand Prof Dr Yuliandri SH,MH dan Wakil Ketua Panitia Dr Zainul Daulay, SH,MH, menjelaskan, penganugerahan The Best Alumni kepada Gamawan dan Basrief setelah melalui seleksi yang ketat dari tim penilai yang terdiri dari dosen, alumni dan tokoh independen.
Awalnya muncul 22 nama alum­ni sebagai nominator. Mereka berasal dari berbagai profesi ada diplomat, birokrat, militer, dosen, hakim agung, pengacara, notaris dan pengusaha.
Para nominator lalu diukur dengan tujuh kriteria untuk mene­tapkan The Best Alumni. Meraih S1 di FH Unand, memiliki perhatian terhadap almamater, memberikan kebanggaan terhadap almamater dan alumni. Lalu, dikenal luas oleh masyarakat, memberikan kontribusi luas terhadap masyarakat, memiliki integritas dan memiliki prestasi tertinggi di bidang kerjanya.
“Berdasarkan tujuh kriteria tersebut, akhirnya tim memutuskan, Pak Basrief dan pak Gamawan layak dianugerahi  the best alumni,” ujar Saldi.
Lecture Series
Baik Gamawan maupun Basrief,  keduanya pernah tampil sebagai pembicara utama dalam Lecture Series 60 Tahun FH Unand di Kampus Jalan Pancasila, Padang.
Gamawan Fauzi, merupakan alumni FH Unand angkatan 1977. Penerima Bung Hatta Anti Corruption Award ini, pernah jadi Bupati Solok dan Gubernur Sumbar sebelum dia dipercaya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Mendagri.
Pria berkumis kelahiran Solok 9 November 1957 itu, sekarang juga tercatat sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Andalas.
Sedang Basrief meraih gelar sarjana hukumnya pada jurusan Hukum Perdata FH Unand tahun 1975. Selama 36 tahun, pria kela­hiran Tanjung Enim 23 Januari 1947 ini, berkiprah di korps Adhyaksa.
Terakhir Basrief menjabat sebagai Wakil Jaksa Agung, sebelum dia pensiun Maret 2007 lalu.
Pensiun ternyata tak membuat karirnya berhenti. Presiden SBY, akhirnya memilih Basrief sebagai Jaksa Agung menggantikan Hen­darman Supanji.
“Fakultas Hukum Unand punya andil besar dalam perjalan hidup saya sampai mencapai posisi seka­rang ini. Kampus ini, tidak hanya membekali saya ilmu hukum, tapi juga membentuk  karakter untuk menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan  negara. Terima kasih para dosen. Terima kasih Fakultas Hukum Unand,” kata  Basrief waktu tampil di Lecture Series IV di Fakultas Hukum Unand, Jalan Pancasila, Padang, akhir Juli lalu.(h/ze)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar