Featured Video

Rabu, 17 Agustus 2011

Rossi Tak Mau Pergi ke Jepang


AFPPebalap Ducati, Valentino Rossi.
KOMPAS.com — Sikap Casey Stoner dan Jorge Lorenzo mungkin sudah semakin melunak mengenai rencana memboikot GP Jepang pada 2 Oktober mendatang. Namun, superstar MotoGP, Valentino Rossi, justru sudah membuat keputusan untuk tidak tampil pada balapan di Sirkuit Motegi tersebut.

Saya benar-benar tidak berpikir akan pergi ke Jepang.
-- Valentino Rossi
Keputusan "The Doctor" tentu bukan hal yang mengejutkan karena sebagai pebalap Ducati, dia tak punya ikatan dengan tim-tim Jepang. Lain halnya dengan Stoner (Honda) dan Lorenzo (Yamaha), yang merupakan pebalap tim pabrik Jepang.
Tambahan lagi, Rossi juga hampir pasti tersingkir dari persaingan memperebutkan gelar juara dunia sehingga pebalap Italia tersebut tak punya beban jika absen. Berbeda dengan Stoner dan Lorenzo, yang sedang bersaing ketat untuk merengkuh trofi.
Namun, hal mendasar yang membuat Rossi memastikan diri absen di GP Jepang adalah faktor keselamatan. Juara dunia sembilan kali balap motor tersebut merasa khawatir dengan risiko radiasi nuklir, menyusul kerusakan reaktor di Fukushima akibat bencana gempa bumi dan tsunami bulan Maret lalu. Apalagi, reaktor itu hanya berjarak 110 kilometer dari Sirkuit Motegi.
"Saya benar-benar tidak berpikir akan pergi ke Jepang," ujar Rossi, seperti dikutip BBC.
"Saya berharap penyelenggara kompetisi membuat keputusan yang tepat, tapi itu belum terjadi dan sekarang kami punya masalah serius," tambah juara dunia tujuh kali MotoGP ini.
Memang, kerusakan reaktor nuklir membuat sejumlah besar pebalap MotoGP enggan untuk pergi ke sana. Wacana untuk tidak tampil di sana pun kian kuat, dan orang yang paling lantang mengungkapkan hal tersebut adalah Stoner dan Lorenzo.
Pada GP Jerman bulan Juli lalu, Stoner mengatakan, "Saya tidak akan pergi." Pernyataan pemimpin klasemen sementara tersebut dipertegas lagi oleh rival terdekatnya yang kini berada di peringkat dua, Lorenzo.
Akan tetapi, laporan tim independen yang bertugas melakukan investigasi memberikan sinyal positif. Menurut mereka, risiko radiasi "diabaikan". Inilah yang membuat Stoner dan Lorenzo bimbang, dan belum membuat keputusan akhir tentang rencana membalap di Jepang.
Sementara itu, pebalap Jepang yang memperkuat tim Gresini Honda, Hiroshi Aoyama, serta duo Yamaha Tech 3, Colin Edwards dan Cal Crutchlow, sudah memastikan diri untuk pergi ke Jepang. Dalam jumpa pers di Brno, Ceko, akhir pekan lalu, tiga pebalap tersebut telah mengonfirmasi hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar