Featured Video

Jumat, 29 Juni 2012

Bukittinggi Terbakar

Warga buncah. Kota Bukittinggi dilanda kebakaran hebat di kawasan bisnis di Aur Kuning. Kerugian diperkirakan miliaran rupiah. Tak ada korban jiwa.


 Ke­bakaran hebat menghanguskan dua petak rumah toko (ruko) di Jalan Sutan Syahrir, Aur Kuning, Bu­kittinggi, Kamis (28/6) sekitar pukul 21.00 WIB. Hingga berita ini ditu­runkan, api masih membara, dan di­per­ki­rakan akan merambat ke bangunan di se­kitarnya.

Belum jelas apa penyebab kebakaran ini. Namun dugaan sementara, kebakaran itu terjadi akibat arus pendek di Bengkel Asia Motor. Akibat kejadian ini, diper­kirakan kerugian sementara ditaksir miliaran rupiah. Namun tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.
Tak hanya Dinas Pemadam Kebakaran Bukittinggi, tapi koba­ran api yang besar membuat Dinas Pemadam Kebakaran Agam, 50 Kota dan dinas pemadam tetangga lainnya dilibatkan untuk membantu memadamkan api.
Selama kebakaran terjadi, puluhan bunyi ledakan terdengar keras, sehingga membuat lebih dari seribu warga yang menonton keba­karan, terpaksa berhamburan menye­la­matkan diri. Ledakan itu diduga berasal dari barang-barang dalam ruko dan pecahan kaca yang terbakar.
Petugas pemadam juga ke­walahan untuk memadamkan api yang besar, akibat barang dalam bangunan tersebut tergolongbarang yang mudah terbakar. Selain itu, ramainya warga yang menonton, yang dimulai dari Simpang Raya hingga Simpang Tarok, membuat mobil pemadam sedikit terhambat untuk menjadi lokasi.
Sejumlah saksi mata me­ngung­kapkan, sumber api berasal dari lantai dua Bengkel Asia Motor, lalu merambat ke lantai tiga dan lantai dasar. Api cepat membesar dan menyebar, karena bengkel besar berlantai tiga itu dipenuhi oleh spare part dan aksesoris sepeda motor. Selain itu, banyaknya minyak pelumas dan ban sepeda motor di dalam bangunan membuat asap hitam mengepul tebal dan memper­cepat kobaran api.
“Awalnya saya melihat ada api yang mulai membesar di lantai dua bagian belakang bengkel Asia Motor. Setelah itu, api cepat membesar dan mulai merambat bangunan sebelahnya,” ujar Nurhasiah (45), salah seorang saksi mata.
Hingga berita ini diturunkan, api masih berkobar. Belum jelas apakah rumah penduduk di bela­kang bangu­nan tersebut juga ikut terbakar, karena lokasi tersebut disterilkan oleh pemadam untuk mengantisipasi hambatan kerja petugas.
Bangunan di sisi kiri bengkel tersebut untuk sementara masih aman, karena ada jalan kecil yang memisahkan kedua bangunan tersebut. Sementara  di sisi kanan bengkel motor itu, yang merupakan Toko Sepatu Puspita telah mulai dijilati api pada bagian lantai tiga.
Di sebelah Toko Sepatu Puspita ada lagi toko sepeda, yang terus dikawal pemadam agar tidak terjilat api. (h/wan)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar