Featured Video

Senin, 25 Maret 2013

Alonso Tak Bisa Lanjutkan Lomba, Ferrari: Itu Salah Kami



AFP/PHILIPPE LOPEZ
Sepang - Scuderia Ferrari mengaku melakukan kesalahan yang membuat Fernando Alonso harus out di lap pertama GP Malaysia kemarin. Meski pebalapnya kecewa, 'Tim Kuda Jingkrak' optimistis ia akan bangkit di balapan berikutnya.

Start posisi ketiga pada balapan di sirkuit Sepang, Minggu (24/3/2013) siang WIB, Alonso sebenarnya mengawali balapan dengan baik saat mampu berada di posisi kedua dan berada cukup dekat denganSebastian Vettel di posisi pertama.

Namun di turn 2 Alonso terlihat memaksakan untuk menyalip Vettel yang berakibat sayap depan mobilnya tersenggol dan Alonso masih bisa melanjutkan lomba dengan kondisi sayap yang tak baik. Lalu ia mendapat tekanan dari Mark Webber tepat di belakangnya.

Sampai kemudian di tikungan pertama lap kedua sayap depan F138 milik pebalap Spanyol itu rusak dan terlepas yang membuatnya menyasar ke gravel dan tak bisa melanjutkan lomba. Hari yang naas untuk Alonso di balapan ke-200 di Formula 1.

Sebenarnya Alonso masih bisa melanjutkan lomba ketika tim mengetahui bahwa sayap depannya harus diperbaiki pasca bersenggolan dengan Vettel di lap pertama dan tak membiarkan Alonso tetap membalap dengan kondisi mobil yang tak sempurna. Kesalahan strategi ini kemudian yang diakui Ferrari jadi penyebab Alonso tak bisa melanjutkan lomba.

"Kami mengambil risiko yang akhirnya tidak berhasil. Usai bersenggolan, balapan sebenarnya belum berakhir dan saya mempertimbangkan situasi di mana ada transisi dari basah kering," ujar prinsipal tim Stefano Domenicali seperti dilansir Autosport.

"Dalam kondisi normal Anda mungkin akan langsung masuk ke (pit), tapi ini dalam kondisi transisi, jika Anda yakin sayap itu masih bisa bertahan, Anda akan mencoba dan mempertaruhkan waktu Anda. Anda mungkin akan punya kesempatan untuk melakukan pit dan mengganti ban kering serta menjadi pahlawan di akhir pekan ini," sambugnya.

"Sayangnay sayap tidak bisa bertahan. Keputusan ini murni dari pitwall (bukan Alonso). Jelas Alonso bisa merasakan ada kerusakan di mobilnya, tapi dia tidak bisa melihat kerusakan itu secara jelas dari sudut pandangnya," analisnya.

"Tim yang bertanggung jawab atas ini. Senggolan (dengan mobil Vettel) sangat disayangkan karena kami bisa mendapatkan banyak poin dari balapan ini."

Kini Alonso cuma punya 18 poin dari dua balapan yang sudah dilaluinya dan kini ia harus menunggu sekitar tiga pekan untuk seri ketiga di GP China 14 April mendatang.

"Fernando jelas tidak senang karena tidak mendapatkan poin. Tapi dia masih berpikir positif dan segera bangkit karena dia tahu kami punya misi yang harus dicapai," demikian Domenicali.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar