Featured Video

Minggu, 28 April 2013

Permintaan Smartphone Semakin Meningkat



Smartphone (detikINET)
Jakarta - Penjualan ponsel di seluruh dunia hingga kini masih terus meningkat. Namun jika biasanya feature phone paling banyak dibeli, kini giliran smartphone yang berkuasa.

Hal itu terlihat dari catatan lembaga riset IDC untuk penjualan seluruh ponsel hingga kuartal 1 2013. Di situ dituliskan bahwa pengapalan seluruh ponsel mencapai 418,6 juta unit, meningkat sebanyak 4% dibanding tahun sebelumnya dikuartal yang sama yakni 402,4 juta unit.

Uniknya, untuk pertama kali pengapalan smartphone melebihi penjualan feature phone dengan meraih sekitar 216,2 unit (51,6%) dari seluruh ponsel yang dikapalkan. Ini berarti permintaan terhadap ponsel pintar menanjak sebanyak 41,6% dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 152,7 juta unit.

"Pengguna ponsel menginginkan komputer dalam saku mereka, ini adalah saat dimana ponsel tak lagi dipakai untuk sekadar mengirim SMS atau melakukan panggilan telepon," kata Kevin Restivo, analis senior IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker dalam keterangan yang diterima detiKINET, Sabtu (27/4/2013).

Namun jika biacara soal vendor, dalam industri smartphone Samsung memang masih berkuasa dengan pangsa pasar sekitar 32,7%. Sementara Apple menguntit tepat di belakangnya dengan market share sebanyak 17,3%.

Berikut adalah 5 produsen smartphone teratas versi IDC.



s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar