Featured Video

Senin, 10 Juni 2013

Hantam Rusia 5-1, Belanda ke Semifinal

Ola John (Getty Images)
Yerusalem - Belanda pesta gol pada pertandingan kedua di Grup B. Mereka menang 5-1 atas Rusia sekaligus memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala Eropa U-21.

Pada pertandingan yang dihelat di Teddy Stadium, Senin (10/6/2013) dinihari WIB, Belanda tampil dominan atas Rusia. Kendati demikian, tim besutan Cor Pot itu baru bisa mencetak gol ketika pertandingan lewat setengah jam berjalan.

Pada menit ke-38, Giorginio Wijnaldum menggetarkan jala Rusia setelah melepaskan tendangan terarah dari luar kotak penalti. Skor 1-0 itu kemudian bertahan sampai babak pertama habis.

Rusia bermain dengan 10 orang setelah Nikita Chicherin mendapatkan kartu merah langsung. Chicherin didakwa bersalah lantaran melakukan tekel dari belakang terhadap Adam Maher.

Belanda kemudian menggandakan keunggulan di menit ke-61 lewat Luuk De Jong. Penyerang Borussia Moenchengladbach itu menyambut umpan dari sisi kanan dengan sebuah sundulan. Arah sundulannya ke tiang jauh tak mampu dijangkau kiper Rusia, Nikolai Zabolotny.

Rusia sempat mendapatkan tali penyelamat ketika Denis Cheryshev membobol gawang Jeroen Zoet di menit 65. Dia menyambar sundulan Alan Dzagoev yang membentur tiang gawang dengan sepakan kaki kanannya.

Tapi, Belanda langsung bereaksi. Sebuah umpan panjang di menit ke-69, diteruskan oleh sebuah sundulan, dan diterima oleh Ola John. Dia kemudian menggiring bola sampai ke kotak penalti dan melepaskan tendangan melewati Zabolotny. 3-1.

Keunggulan Belanda tambah besar di menit ke-83 setelah Danny Hoesen melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Dia memanfaatkan bola yang memantul kaki bek Rusia dan jatuh ke area tempantnya berdiri.

Pesta gol Belanda dilengkapi oleh gol pemain pengganti, Leroy Fer, pada menit ke-90. Kali ini, Fer melepaskan tendangan first-time setelah menerima umpan tarik John dari sisi kanan.

Berkat hasil ini Belanda memimpin klasemen Grup B dengan nilai 6. Mereka jadi tim terproduktif di turnamen sejauh ini dengan catatan delapan gol.

Sementara, Rusia harus tersingkir. Mereka kalah dua kali dalam dua laga pertama di grup. Sebelumnya, tim besutan Nikolai Pisarev ini kalah 0-1 dari Spanyol.

Susunan Pemain

Belanda: Jeroen Zoet, Ricardo van Rhijn, Stefan De Vrij, Bruno Martins Indi, Daley Blind, Kevin Strootman (Jordi Clasie 77), Adam Maher (Leroy Fer 73), Giorginio Wijnaldum, Marco van Ginkel, Ola John, Luuk De Jong (Danny Hoesen 81).

Rusia: Nikolai Zabolotny, Ibragim Callagov, Georgi Schennikov, Nikita Chicherin, Taras Burlak, Maksim Belyaev, Sergei Petrov, Oleg Shatov (Shota Bibilov 77), Pavel Yakovlev (Denis Cherishev 54), Alan Dzagoev, Fyodr Smolov (Andrei Panyukov 73).

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar