Featured Video

Rabu, 30 Oktober 2013

Tahun 2039, Umat Islam Laksanakan Haji Dua Kali

 Ribuan jamaah haji berdoa di bukit Jabal Rahmah, saat melaksanakan ibadah wukuf di Arafah, Senin (14/10).  (AP/Amr Nabil)
Ribuan jamaah haji berdoa di bukit Jabal Rahmah, saat melaksanakan ibadah wukuf di Arafah, Senin (14/10). (AP/Amr Nabil)

Umat Islam akan melaksanakan ibadah haji  dua kali pada tahun 2039. Ini berarti, umat Islam merayakan tiga kali hari raya dalam satu tahun kalender. Demikian, laporan astronom Saudi seperti dilansir emirates247.com, Selasa (22/10).


"Selama tahun itu, haji ritual akan berlangsung pada 10 hari pertama Januari dan 10 hari terakhir bulan Desember, " ungkap Abdullah Al Misnad, seorang profesor di universitas pemerintah di provinsi Saudi pusat Al Qaseem.

Abdullah mengungkap, pada tahun 2039, jamaah wukuf di Arafah dan berkurban pada 10 hari pertama bulan Januari dan berlanjut pada 10 hari terakhir bulan Desember. "Ini berarti kita akan merayakan dua kali Idul Adha dan sekali Idul Fitri dalam satu tahun kalender , "katanya.

Dalam penentuan hari raya, Umat Islam memanfaatkan kalender bulan, yang memiliki jumlah hari 11-12 hari lebih pendek dari kalender konvensional.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar