Featured Video

Senin, 07 Oktober 2013

Vettel Menang Lagi di Korea

Getty Images
 Sebastian Vettel tampil dominan di GP Korea. Memimpin balapan sejak awal, pebalap tim Red Bull itu kembali menjadi yang pertama menyentuh garis finis dalam balapan di Korea International Circuit, Minggu (6/10/2013).


Memulai balapan dari posisi terdepan, Vettel langsung melesat meninggalkan pesaing-pesaingnya sejak awal balapan. Meski race sempat diselingi safety cardriver asal Jerman itu tetap tak tersentuh hingga menuntaskan 55 putaran di posisi terdepan.

Ini menjadi kemenangan keempat beruntun Vettel setelah sebelumnya dia juga menjejak podium teratas di Belgia, Italia dan Singapura. Sementara terkait penampilan di Korea, ini menjadi hat-trick buat Vettel karena di 2011 dan 2012 dia juga berjaya di sana.

Sukses jadi juara di Korea membuat Vettel makin kokoh bertengger di puncak klasemen dengan poin dikumpulkan kini berjumlah 272. Vettel unggul jauh dari Fernando Alonso yang pada balapan ini hanya finis di posisi enam, dan membuatnya kini mengoleksi 195.

Menuntaskan balapan di posisi kedua adalah Kimi Raikkonen, sementara podium terakhir jadi milik driverLotus lainnya yakni Romain Grosjean.

Jalannya Balapan

Vettel langsung melesat meninggalkan lawan-lawannya sesaat setelah start, perubahan langsung terjadi di posisi dua saat Grosjean menyalip Lewis Hamilton dan merebut posisi kedua.
Masih di lap pertama insiden langsung terjadi saat mobil Felipe Massa melintir dan mengacaukan antrian mobil lain di belakangnya. Nyaris semua pebalap berhasil menghindari tabrakan dengan Massa, namun Jenson Button dan Adrian Sutil harus mengalami kerusakan sayap mobil akibat kejadian tersebut.

Separuh pertama balapan didominasi aksi Vettel yang terus menjauh dari kejaran driver lain, di mana terjadi pertarungan memperebutkan posisi kedua antara Grosjean dan Hamilton. Di belakang Hamilton dan Grosjean berturut-turut ditempati Nico Rosberg, Nico Hulkenberg dan Fernando Alonso.

Raikkonen berhasil melonjak ke posisi empat saat dia lebih dulu melakukan pit stop kedua dibanding pebalap-pebalap lain yang berada di dekatnya. Tak lama berselang Hamilton mengalami masalah dengan bannya, sementara nasib nahas lain juga dialami Roseberg saat sayap depan mobilnya mengalami kerusakan dan memaksanya masuk pit stop. Insiden yang menimpa duo Mercedes itu membuat Raikkonen melonjak naik dua anak tangga ke posisi kedua.

Di lap 32 safety car keluar untuk kali pertama menyusul pecah ban yang dialami Sergio Perez. Saat balapan kembali dimulai Vettel masih berhasil menjaga keunggulan atas duo Lotus (Kimi dan Grosjean).

Insiden lain kembali terjadi di lap 37 saat mobil Mark Webber dan Adrian Sutil bersinggungan. Kejadian tersebut membuat mobil Webber melintir dan terlihat mengeluarkan asap. Bukannya safety car, jutru truk pemadam kebakaran duluan yang masuk lintasan pada lap 38 dan hal tersebut membuat beberapa pebalap terpaksa berbaris di belakang truk. Safety car baru muncul kembali di lap 39.

Saat balapan dilanjutkan kembali, Vettel dan Kimi langsung melesat meninggalkan rombongan di belakang. Beberaa kejadian dan aksi saling susul terjadi di papan tengah, namun di barisan terdepan nyaris tak ada perubahan terjadi.

Vettel akhirnya menuntaskan balapan di posisi terdepan, di belakangnya ada Kimi Raikkonen dan Grosjean sebagai penghuni posisi dua dan tiga.

Hasil GP Korea

Pos Driver Team Time
1. Vettel Red Bull-Renault 1h43:13.701
2. Raikkonen Lotus-Renault + 4.200
3. Grosjean Lotus-Renault + 4.900
4. Hulkenberg Sauber-Ferrari + 24.100
5. Hamilton Mercedes + 25.200
6. Alonso Ferrari + 26.100
7. Rosberg Mercedes + 26.600
8. Button McLaren-Mercedes + 32.200
9. Massa Ferrari + 34.300
10. Perez McLaren-Mercedes + 35.100
11. Gutierrez Sauber-Ferrari + 35.900
12. Bottas Williams-Renault + 47.000
13. Maldonado Williams-Renault + 50.000
14. Pic Caterham-Renault + 1:03.500
15. van der Garde Caterham-Renault + 1:04.500
16. Bianchi Marussia-Cosworth + 1:07.900
17. Chilton Marussia-Cosworth + 1:12.900
18. Vergne Toro Rosso-Ferrari + 2 laps
19. Ricciardo Toro Rosso-Ferrari + 3 laps
20. Sutil Force India-Mercedes + 5 laps
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar