Featured Video

Minggu, 24 November 2013

Tips dan Trik Bikin Rendang Padang Lezat

Rendang
Rendang

Rendang merupakan salah satu ikon kuliner tradisional di Indonesia. Rendang yang paling ternama tentu saja rendang padang. Namun, membuat rendang tidak mudah. Salah membuat, rendang malah tidak empuk, gosong, atau justru tidak enak di lidah. Senihayati Ginting, pengusaha bumbu racik siap pakai Rumah Rudang, memberikan tips dan trik membuat rendang padang.

Pertama, yang harus diperhatikan adalah pemilihan daging yang akan dibuat rendang. Pilihlah daging bagian paha. Jangan daging khas bagian dalam karena akan hancur jika dimasak untuk rendang. Untuk kelapa yang akan digunakan, ia menyarankan untuk memilih kelapa yang sedang, tidak tua dan tidak muda. Kelapa sedang akan sudah keras ketika ditekan dengan warna kelapa cokelat muda.
Jumlah kelapa yang digunakan ini tergantung dari jumlah cabai yang digunakan untuk bumbu. Untuk satu kilogram daging dengan rasa pedas sedang, gunakan cabai 100 gram dan dua kelapa. Sedangkan untuk rasa pedas, cabainya 250 gram dengan empat kelapa. “Membuat rendang harus berani cabai dan santan,” ujarnya.
Ia menyarankan, jika daging yang dimasak di atas dua kilogram, sebaiknya bumbu dimasak bersama santan agar langsung mendapatkan panas dan minyak dari santan keluar. Namun, jika daging yang di masak di bawah dua kilogram, bumbu cukup ditumis saja. “Santan dimasukkan belakangan,” ujarnya. Kapan daging harus dimasukkan? Menurutnya, ketika bumbu sudah harum, masukkan daging ke dalam wajan. Jangan lupa tambahkan air dan tutup wajan.
Senihayati mengatakan, saat dimasak, daging jangan terlalu sering diaduk karena akan membuat santan pecah. Aduklah sesekali agar tidak gosong bagian bawahnya. Namun, mengaduknya jangan seenaknya, aduk perlahan dan jika mengerak keruk dari dalam dengan sudit. Lalu, masak daging sampai empuk. “Lama memasak rendang itu empat sampai enam jam. Jika ingin rendang basah, cukup dengan api kecil, jika rendang kering, gunakan api besar,” ungkapnya. Ia menambahkan, lima menit sebelum diangkat, sebaiknya cicipi rendang. Jika ada yang kurang rasanya, silakan ditambahkan. Dan, setelah cocok rasanya, angkat rendang.s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar