Featured Video

Minggu, 29 Desember 2013

Kereta Ini Tak Berhenti saat Naik dan Turunkan Penumpang

Konsep kereta api masa depan

Seorang desainer asal China, Chen Jianjun, menciptakan konsep baru dari prototipe kereta api masa depan. Nantinya, kereta api itu tidak akan pernah berhenti saat menaikkan dan menurunkan penumpang.


Lalu, bagaimana caranya?

Melansir Daily Mail, Minggu 29 Desember 2013, ide ini muncul ketika Jianjun melihat penumpukan penumpang di sebuah stasiun. Biasanya penumpang akan berebut masuk ke satu pintu yang berukuran kecil.

Tidak hanya itu, kereta yang berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang dipandang hanya membuang-buang waktu.

Lalu, dari pada penumpang antre panjang untuk masuk ke dalam kereta api, lebih baik dibuatkan sebuah gerbong kecil yang diletakkan di atas kereta api. Gerbong itu akan otomatis menempel pada kereta api yang sedang berjalan di stasiun. 

Sementara, gerbong lainnnya akan terlepas otomatis untuk menurunkan penumpang. Dengan begitu, kereta api tidak akan pernah berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. Selain itu, tidak ada lagi antrean panjang ketika para penumpang ingin masuk ke dalam kereta api.

Di video, Jianjun menjelaskan, kereta api yang tidak pernah berhenti ini akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Beijing ke Guangzhou menjadi hanya 30 menit.

"Sementara jika rute Beijing ke Guangzhou dilakukan dengan kereta api yang berhenti di setiap stasiun untuk menurunkan dan menaikkan penumpang biasanya ditempuh dalam waktu dua jam," kata Jianjun. Lihat videonya di sini

Dia menambahkan, konsep baru dari kereta api masa depan ini akan lebih menghemat energi dan bahan bakar. Karena kereta api tidak perlu lagi untuk berhenti dan memulai perjalanan lagi.

Konsep kereta api ini mendapat sambutan baik dari para desainer teknologi. Mereka berharap konsep kereta api yang tidak pernah berhenti ini akan menjadi kenyataan di masa depan. 
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar