Featured Video

Minggu, 15 Desember 2013

Timnas U-23 Gagal Tumbangkan Timor Leste

Timnas U-23 Indonesia yang berlaga di SEA Games 2013 Myanmar.
Timnas U-23 Indonesia yang berlaga di SEA Games 2013 Myanmar.

 Peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke babak semifinal cabang sepak bola SEA Games 2013 kian berat setelah gagal ditahan imbang tanpa gol oleh Timor Leste pada lanjutan penyisihan Grup B di Stadion Thuwunna, Yangon, Sabtu (14/12).


Hasil ini membuat Indonesia terkunci di peringkat ketiga dengan empat poin, atau tertinggal dua poin dari Thailand dan Myanmar di dua besar. Dengan demikian, nasib Indonesia tergantung dari hasil pertandingan Thailand dan Myanmar yang tengah berlangsung. 

Indonesia sebetulnya tampil menekan sejak menit-menit awal. Pasukan Rahmad Darmawan memiliki dua peluang emas pada 15 menit pertama. Pada menit ke-12, Bayu Gatra dengan kemampuan individunya berhasil menembus kotak penalti lawan dan kemudian melepaskan tembakan. Sayang, bola hasil tembakan Bayu masih terlalu lemah sehingga muda ditangkap kiper Ramos Manxances.

Selang beberapa menit kemudian, giliran Manahati Lestusen yang berhasil melepaskan tembakan. Namun, tembakan Manahati kembali berhasil ditangkap Ramos Manxances.

Setelah itu, Indonesia tetap menguasai permainan. Sayangnya, Garuda Muda kesulitan menciptakan peluang. Hal itu karena tidak ada kerjasama yang baik ditampilkan Bayu Gatra dan kawan-kawan, di samping karena beberapa pemain melakukan kesalahan mengumpan bola.

Sekitar 15 menit sebelum laga usai, Indonesia terlihat meningkatkan serangannya. Akan tetapi, Indonesia tetap miskin kreativitas serangan. Umpan dan serangan yang dilancarkan tak mampu menciptakan peluang bagi Merah Putih. Alhasil, skor 0-0 bertahan hingga turun minum.  

Selepas jeda, Indonesia baru bisa menciptakan peluang cukup baik pada menit ke-54.  Peluang tersebut berawal dari bola yang dikirimkan oleh Bayu Gatra kepada Ramdani. Ramdani yang berdiri bebas langsung menggiring bola masuk ke dalam penalti lawan. Namun, peluang tersebut akhirnya sia-sia setelah tembakan Ramdani diblok Manxances meskipun tinggal berhadapan satu lawan satu.

Setelah itu, pelatih Rahmad Darmawan memasukkan Ferinando Pahabol untuk menggantikan Dendi Santoso. Masuknya Ferinando belum membuahkan hasil bagi Garuda Muda.

Rahmad Darmawan pun tak ada pilihan, selain menambah daya gedor timnya. Pelatih Persebaya Surabaya tersebut kembali memasukkan pemain baru yakni Fandi Eko Utomo untuk menggantikan Yandi Sofyan pada menit ke-72.

Hadirnya Fandi nyaris membuahkan gol bagi Indonesia saat ia memberikan bola kepada Ramdani. Sayang, Ramdani terlalu buru-buru melepaskan tembakan sehingga bola gagal mengenai serangan.    

Sepuluh menit jelang laga usai, Indonesia memiliki peluang dari tendangan bebas Ferinando dan tusukan Bayu Gatra. Apa daya, Indonesia kembali gigit jari karena kedua peluang tersebut berhasil digagalkan Manxances.

Setelah itu, Indonesia tetap terlihat menekan lawan. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil dan skor 0-0 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain
Timor Leste: 12-Ramos Manxances; 6-N.H Fernandes, 3-P.C.Da Silva Martins, 5-A.C.D Almeida Barboso, 16-Felipe Oliveira; 7-P.H Rosa Ribeiro, 13-Diogo Rangel, 19-O.B Hornanr Pereira, 8-F.B Dos Santos, 23-J.C.Da Fonseca. 9-P.H.C Oliverira Gois  

Indonesia: 1-Kurnia Meiga; 26-Alfin Tuasalamony, 29-Mokhamad Syaifudin, 13-Manahati Lestusen, 20-Roni Beroperay; 11-Dedi Kusnandar, 4-Rizky Pellu (neslon Alom 76); 23-Bayu Gatra, 3-Dendi Santoso, 7-Ramdani Lestaluhu; 9-Yandi Munawar (Fandi Utomo 72)
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar