Featured Video

Jumat, 21 Februari 2014

Harga Android Makin Murah Dibanding iPhone


iPhone 5s vs Galaxy S4.
 Android dan iOS bagai dua dunia yang berbeda. Walau keduanya memiliki beberapa palikasi yang serupa, namun Android memiliki ekosistem yang terbuka, sementara iOS tertutup.
Dengan ekosistem yang terbuka tersebut, banyak vendor yang memproduksi smartphone Android dengan beragam versi dan spesifikasi. Beragam spesifikasi yang dimiliki smartphone juga menentukan harga jualnya di pasar.

Smartphone Android versi low end bisa dijual dengan harga murah, sekitar Rp 1 juta, sementara yang premium dengan spesifikasi tinggi, bisa mencapai harga Rp 6 juta. Sementara harga iPhone tergolong stabil, berkisar antara Rp 5-6 juta.
Namun, jika dirata-rata, ternyata harga smartphone Android yang ada saat ini, hanya setengah dari harga iPhone. Selain itu, perbedaan harga antara keduanya dari tahun ke tahun semakin bertambah lebar.
Temuan tersebut diungkap oleh lembaga riset Statistica yang membandingkan harga rata-rata perangkat Android dan iOS di seluruh dunia, yang masih beredar.
Dikutip dari Phone Arena (14/2/2014), harga jual rata-rata perangkat Android telah menurun dalam beberapa tahun belakangan. Di tahun 2013 lalu, rata-rata smartphone Android dijual dengan harga 276 dollar AS, sementara iPhone 650 dollar AS (tanpa kontrak/subsidi operator).
Jika dirunut ke belakang, pada tahun 2010, harga rata-rata smartphone Android saat itu masih tergolong tinggi, yaitu sekitar 441 dollar AS. Sementara pada tahun berikutnya, trennya cenderung menurun menjadi 380 dollar AS.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar