Featured Video

Rabu, 06 Agustus 2014

Messi Sumbangkan Dana Besar ke Israel? Ini Jawabannya

Lionel Messi (kanan), pemain bintang Barcelona, meletakkan kertas berisi harapan di sela 'Tembok Ratapan', Jerusalem, Israel, Ahad (4/8).
Lionel Messi (kanan), pemain bintang Barcelona, meletakkan kertas berisi harapan di sela 'Tembok Ratapan', Jerusalem, Israel, Ahad (4/8).

Beberapa hari setelah situs satir Prancis, Le Competiteur, mengklaim bahwa bintang asal Argentina Lionel Messi menyumbangkan dana senilai 1 juta euro (Rp 15 miliar) ke Israel, peraih Ballon d'Or empat kali itu membantah rumor tersebut. 


Dilansir Hispan TV, Messi menegaskan bahwa ia menggunakan uangnya untuk membantu pembangunan sekolah-sekolah dan rumah sakit-rumah sakit di Argentina. "Saya tidak mungkin menyumbangkan uang untuk orang-orang yang membunuh anak-anak," ujar pemain terbaik Piala Dunia 2014 tersebut

Setelah rumor tentang Messi yang menyumbangkan uang ke negara Yahudi itu disebarkan Le Competitour pada 17 Juli lalu, jutaan orang di dunia mempercayai kabar tersebut tanpa mempertanyakan kredibilitas media yang menerbitkannya. Di saat banyak situs menerbitkan rumor yang sama, tidak ada media-media besar yang meliput tentang hal itu.

Le Competitour sebelumnya juga mengklaim para pemain Aljazair menyumbangkan dana sebesar 9 juta dolar AS (Rp 104 miliar) kepada anak-anak Gaza usai berpartisipasi dalam Piala Dunia. Akan tetapi pekan lalu, federasi sepak bola Aljazair mengumumkan para pemainnya hanya akan menyumbangkan 100 ribu dolar AS (Rp 1,1 miliar) saja untuk Gaza.r