Featured Video

Sabtu, 02 Agustus 2014

Ngopi-ngopi di Pinggir Jalan Saat Atur Arus Balik, Polisi Patroli "Disemprit"

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Martinus Sitompul memergoki puluhan anggotanya yang leha-leha. Mereka seharusnya bertugas mengamankan arus mudik-balik Lebaran di Kilometer 42 Tol Cipularang, Jumat (1/8/2014) sore. 

I

Kala itu, Martinus sedang melakukan patroli ditemani ajudannya di sepanjang Tol Cipularang. Ia mendapati puluhan petugas dari Satuan Polres Karawang duduk-duduk santai, ngopi-ngopi, dan merokok di pinggir jalan, bukan melaksanakan tugas.

Melihat hal itu, Martinus langsung memerintahkan ajudannya untuk menghentikan kendaraan yang ditumpanginya. Martinus langsung turun dari mobilnya dan menghampiri puluhan anggota itu.

Semua anggota dikumpulkan, langsung ditegur, dan diberikan pengarahan.

"Ini kok malah pada begini, kenapa tidak ada yang patroli berjalan, kenapa tidak ada yang jaga dan mengawasi arus lalu lintas. Apa yang menjadi tugas, malah semuanya istirahat. Mana yang saat ini bertugas?" Martinus menegur di tengah-tengah kerumunan anggotanya.

Puluhan anggota itu tertunduk saat atasannya menegor dan memberikan arahan. Selanjutnya, Martinus memberikan pengarahan agar anggota bertanggung jawab terhadap tugas.

"Saya tekankan agar tetap melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, membantu dalam menciptakan kelancaran arus mudik dan balik, menyapa masyarakat, mengawasi kendaraan yang parkir, bukan malah semuanya istirahat dan berleha-leha," ujarnya.

Martinus juga menyoroti beberapa anggota yang tidak disiplin dalam berseragam seperti yang diatur dalam prosedur operasi standar. Beberapa anggota memakai kaus dalam warna putih, tidak memakai kaus dalam warna coklat.

"Kemudian ini juga pakaiannya, kenapa tidak sesuai dengan ketentuan. Kan sudah jelas, tidak boleh pakaian warna putih, tetapi harus coklat," ucapnya.

Di kilometer sebelumnya, Martinus pun mendapati jalan yang tidak dikawal oleh petugas. Puluhan anggota hilang dari lokasi tempat bertugas itu, beralasan bahwa mereka baru aplusan dan baru gantian berpatroli.

Setelah menegur dan memberikan pengarahan, Martin langsung menyalami semua anggota. "Oke ya, sukses, jangan melalaikan tugas," ujarnya.k