Featured Video

Kamis, 06 November 2014

Valencia Akan Jadi Prolog dari Petualangan Baru Suzuki di MotoGP

Getty Image/Mirco Lazzari
Musim depan Suzuki akan kembali berpartisipasi penuh di gelaran MotoGP. Akhir pekan ini sebuah prolog menuju kiprah tersebut akan hadir di Valencia.

Suzuki sudah tidak lagi berkompetisi di MotoGP sejak akhir musim 2011 lalu. Tetapi pada Juni 2013 salah satu pabrikan otomotif ternama itu menyatakan bakal kembali beraksi pada musim 2015.

Dalam persiapan comeback tersebut Suzuki pun terus menggeber pengembangan motor GSX-RR. Rider kawakan Randy de Puniet, yang absen dari MotoGP musim ini, pun ditunjuk menjadi rider penguji.

Pada akhir pekan, di MotoGP Valencia, de Puniet akan tampil menunggangi GSX-RR di atas lintasan. Bermodal tiket wild card, ia akan menguji sejauh mana kesiapan Suzuki menuju musim depan.

"Itu merupakan sebuah momen besar buat kami karena kami sudah melakukan pengujian sekian lama. Kami sudah menantikan hal ini. Memang cuma penampilan wild card dan ini seri terakhir musim, tapi saya antusias datang ke Valencia dan saya pikir ini merupakan penghargaan buat Randy atas pekerjaan besar yang ia lakukan di proyek ini," kata Manajer Tim Davide Brivio di Crash.

"Inilah akhir dari persiapan kami dan saya antusias. Di sinilah petualangan baru akan benar-benar dimulai. Saya sadar benar kami punya tugas besar, dan pada akhir pekan kami akan banyak mengambil catatan untuk pekerjaan yang mesti kami lakukan sepanjang musim dingin," kata pria yang sebelum ini turut membantu Yamaha meraih sederet sukses di MotoGP.

"Ini adalah perbandingan pertama kami dengan para pesaing dan Anda cuma bisa melihat di mana posisi Anda dalam sebuah situasi balapan jadi itu merupakan sebuah kesempatan penting," papar Brivio.

Dalam keikutsertaannya di gelaran kejuaraan dunia balap motor grand prix, Suzuki pernah enam kali mengantar pebalapnya meraih gelar juara pada periode 1976-2000. Di era two stroke tersebut Suzuki sempat diperkuat nama-nama seperti Barry Sheene, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, Kevin Schwantz, dan Kenny Roberts Jnr. Tapi Suzuki lalu mulai meredup dan cuma bisa meraih satu kemenangan setelah era four stroke MotoGP dimulai pada tahun 2002. Setelah dibelit krisis keuangan, Suzuki pun akhirnya menghentikan aktivitasnya di lintasan MotoGP pada akhir 2011.

Sementara untuk menghadapi comeback musim depan Suzuki telah menunjuk dua pebalap yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar